Lihat ke Halaman Asli

Damaris Fanuelle

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Begini Cara Menceritakan Data Lewat Jurnalisme Data

Diperbarui: 9 Maret 2023   08:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: jurnalismedata.id

 

Di tengah beragamnya bentuk jurnalisme yang ada dalam era digital, Jurnalisme Data hadir untuk menceritakan fakta yang didapatkan dari data. 

Menurut Paul Bradshaw dalam buku The Data Journalism Handbook 1, Jurnalisme Data adalah sebuah produk jurnalistik yang informasinya diperoleh dari data. 

Berbeda dengan Jurnalisme Konvensional yang menganggap bahwa wawancara adalah jantung reportase, sumber utama dalam Jurnalisme Data adalah data itu sendiri.

Untuk menjadikan sebuah data mudah dipahami, Jurnalis perlu mengolah dan memvisualisasikan data tersebut baik dengan tulisan maupun infografis yang menarik.

Jika ditanya seberapa perlunya sebuah data diceritakan dengan menarik, jawabannya sangat perlu. Hal tersebut dikarenakan tidak semua orang dapat membaca data yang berisikan angka-angka dengan jelas

Data jumlah murid tahun 2023. sumber: bps.go.id

Oleh karena itu, perlu ada yang mengolah data dan menceritakannya.

Jurnalis sebagai "storyteller" dapat menceritakan informasi yang didapat melalui gambar, suara, grafik, dan teks. Jika berbicara di konteks jurnalisme data, informasi yang ditampilkan di media-media tersebut berasal dari data.

Dalam Jurnalisme Data, menceritakan data tidak bisa dilakukan jika Jurnalis belum melakukan data. Selain itu, juga terdapat tahapan penting lainnya yang perlu dilakukan dalam menceritakan data. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline