Lihat ke Halaman Asli

Damaris Fanuelle

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Memiliki 1500 Wartawan, Begini Perkembangan Tribun Network

Diperbarui: 28 September 2022   06:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo Tribun Network. Sumber: Tribunnews

Maraknya jurnalisme online di Indonesia tidak dapat lepas dari jurnalisme dengan media konvensional seperti koran cetak, majalah cetak, atau pun televisi konvensional.

Adanya internet yang kian berkembang, penjualan koran cetak semakin berkurang. Jumlah peminat media online meningkat melebihi peminat media cetak pada tahun 2020.

Hal ini kemudian yang menjadi kunci dari berbagai media baik itu media korporasi maupun media komunitas untuk memanfaatkan teknologi agar medianya terus berkembang.

Sebuah media korporasi memiliki pusat atau induk yang menaunginya. Salah satu grup media besar di Indonesia adalah Kompas Gramedia Group.

Lalu apa hubungannya dengan Tribun Network?

Tribun Network merupakan koran-koran lokal Indonesia yang berasal dari beragam daerah di Indonesia. Tribun Network berada di dalam Kompas Gramedia Group.

Sumber: Tribunnews

Perkembangan Tribun Network

Sebagai sebuah media online yang menyebar sangat luas di Indonesia, dulunya Divisi Koran Daerah Kompas-Gramedia memiliki jaringan koran-koran daerah seperti Bangka Pos, Sriwijaya Post, Bernas, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 1989, berdiri unit usaha Kelompok Pers Daerah (Persda) yang memiliki tugas untuk membantu koran-koran daerah yang membutuhkan bantuan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline