Lihat ke Halaman Asli

Ella Zuhrotin Nasyah

Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa PMM UMM Kelompok 23 Gelombang 8 Kenalkan Bahasa Inggris Melalui Gerak Lagu

Diperbarui: 29 September 2022   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi: Mahasiswa PMM UMM Kelompok 23 Gelombang 8 mengajak peserta didik TK ABA 18 dalam kegiatan gerak lagu berbahasa inggris

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional dan juga bahasa yang paling banyak digunakan. Pada tahun 2021, bahasa inggris telah digunakan oleh sebanyak 1,34 miliar orang di dunia. Tidak dapat dipungkiri bahwa bahasa inggris sangat penting bagi berbagai kalangan, dari usia dewasa hingga anak-anak, termasuk bagi anak usia dini. Usia dini atau fase golden age merupakan masa yang sangat penting untuk mengenalkan mengembangkan berbagai hal kepada anak, salah satunya yakni pengembangan bahasa, termasuk bahasa inggris. Dalam hal ini, pengenalan bahasa inggris yang dapat dimulai sejak usia dini sangat penting agar anak-anak bisa akrab dan mampu mengenali bahasa inggris. Selain itu, stimulasi yang diberikan pada masa golden age akan sangat mempengaruhi perkembangan otak pada anak.

Terdapat berbagai macam metode dan kegiatan yang dapat dilakukan untuk menstimulasi anak usia dini. Diantaranya kegiatan yang meliputi lihat, dengar, coba ataupun tiru. Langkah yang bisa dilakukan yakni dengan memberikan rangsangan berupa suara, musik gerakan, dsb. Seperti halnya yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 18 Dau Malang. Mahasiswa PMM UMM Kelompok 23 Gelombang 8 mengajak para peserta didik TK ABA 18 Dau untuk melakukan kegiatan gerak lagu berbahasa inggris. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kemampuan linguistik pada era "golden age" anak dan agar para peserta didik sedikit banyak mengenal bahasa inggris melalui gerak lagu. Pasalnya, mempelajari bahasa inggris melalui gerak lagu dapat mudah diingat dan diikuti, serta dapat membuat para peserta didik tertarik dan antusias dalam kegiatan belajar tersebut.

Hasilnya, ketika para peserta didik diajak melakukan gerak lagu bersama, selain membuat para peserta didik antusias mengikuti, lagu berbahasa inggris juga tentu sangat bermanfaat untuk dikenalkan pada anak-anak. Hal ini ditujukan agar para peserta didik terlatih untuk mengenal dan mempelajari bahasa inggris sejak usia dini. Adapun beberapa lagu yang dipakai ketika kegiatan gerak lagu berbahasa inggris antara lain:

  1. Lagu Head, Shoulders, Knees and Toes atau dapat dikenal sebagai lagu kepala pundak lutut kaki versi bahasa inggris. Melalui lagu ini, para peserta didik diajak oleh PMM UMM Kelompok 23 Gelombang 8 untuk mengikuti gerakan sesuai dengan lirik lagu yang sedang mereka dengarkan. Dalam hal ini, para peserta didik dikenalkan bahasa inggris dimulai dari yang sederhana, yakni ketika lirik lagu berbunyi "head", maka gerakan yang dilakukan adalah memegang kepala. Selanjutnya "sholuders" adalah gerakan memegang pundak, "knees" memegang lutut, dan "toes" adalah gerakan memegang kaki.

    Dokumen pribadi: Kegiatan gerak lagu berbahasa inggris dengan peserta didik TK ABA 18 Dau

  2. Lagu If You Happy and You Know it. Dalam Bahasa Indonesianya, lagu ini dapat dikenal sebagai lagu kalau kau suka hati. Melalui lagu ini, para peserta didik diajak untuk mengikuti gerakan sesuai dengan lirik lagu yang mereka dengar dan mereka lantunkan. Lagu ini bermanfaat untuk belajar mengekspresikan emosi sambil menggerakkan anggota tubuh peserta didik. Lagu ini sangat menarik untuk diikuti dan dapat melatih motorik kasar, melatih peserta didik untuk menyalurkan energi, melatih konsentrasi dan melatih untuk berpartisipasi.

  3. Lagu Baby Shark Dance. Lagu ini cukup familiar bagi anak-anak, melalui lagu ini para peserta didik diajak untuk mengikuti gerakan yang mudah dan menarik. Para peserta didik sangat antusias untuk mendengarkan musik yang sedang diputar dan semangat melakukan gerakan dance dari lagu tersebut.

Melalui gerak lagu menggunakan lagu-lagu diatas, diharapkan dapat memotovasi anak untuk senang belajar bahasa inggris sejak usia dini. Selain itu, melalui gerak lagu, para peserta didik menjadi lebih tertarik dan antusias mengikuti kegiatan yang diberikan. Gerak lagu juga menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan dan lebih bervariasi. Dalam hal ini para peserta didik tidak mudah bosan belajar yang bersifat monoton sehingga mereka dapat lebih senang dalam belajar. Seperti halnya pada para peserta didik TK ABA 18 Dau, setelah diajak oleh PMM UMM Kelompok 23 Gelombang 8 melakukan gerak lagu berbahasa inggris, mereka memiliki semangat yang tinggi dan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Oleh : Kelompok 23 Gelombang 8 Tahun 2022 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan Dosen Pembimbing Lapang Dr. Fauzik Lendriyono, S.Sos., M.Si




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline