Lihat ke Halaman Asli

ELLA FAHRUR RIZQI

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Bagaimana Cara Guru Menghadapi Tantangan Penulisan Rubrik Penilaian Speaking?

Diperbarui: 14 Juni 2023   08:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://kerjaonline-aisah.blogspot.com

Rubrik merupakan suatu bentuk asesmen yang bermanfaat untuk menilai dan juga mengukur kompetensi mahasiswa secara komprehensif, karena kompetensi yang ada pada mahasiswa tidak hanya dilihat pada hasil atau akhir dari suatu proses tetapi juga pada saat proses berlangsung. 

Oleh karena itu, hal tersebut dapat digunakan untuk mengetahui informasi penting mengenai mutu kinerjanya terhadap kriteria yang ditentukan oleh dosen terhadap mahasiswa dapat dilakukan melalui sebuah rubrik. 

Adapun beberapa aspek-aspek yang termasuk ke dalam tes keterampilan speaking yaitu pemahaman, kefasihan, kosakata, tata bahasa, pelafalan, dan isi pembicaraan. Oleh karena itu, hal tersebut dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu tes berbicara secara tidak langsung dan tes berbicara secara langsung.

Sebagai seorang guru rublik merupakan alat yang sangat penting untuk menetapkan kriteria penilaian suatu tugas sehingga republik pendirian tidak hanya bermanfaat bagi para guru akan tetapi juga bermanfaat bagi siswa atau mahasiswa. Publik akan memberikan definisi secara tertulis apa yang diharapkan dari seorang siswa untuk mendapatkan nilai tertentu pada suatu tugas.

Tantangan yang saya hadapi dalam menyusun sebuah rubrik yaitu ada beberapa hal yang harus diketahui. Yang pertama ialah memperhatikan jumlah kriteria suatu aspek dari project yang akan dilakukan atau dibuat. 

Sebagai seorang guru harus menyampaikan kepada siswa atau mahasiswa bahwa hal pertama yang akan dimasukkan ke dalam pabrik penilaian yaitu performa dari produk yang menjadi bagian project siswa atau mahasiswa. Yang kedua ialah menghitung penilaian pada suatu rubrik harus bergantung pada skala yang telah disusun oleh likert. Contohnya seperti skala 1 sampai 4 atau jika dideskripsikan dengan dari mulai berkembang sampai dengan mahir.

Oleh karena itu, skala ini dapat digunakan dalam penggunaan rubrik penilaian suatu project ataupun tugas untuk siswa dan juga mahasiswa. Yang ketiga ialah seorang guru harus menyusun suatu rubrik dengan mencatat deskripsi yang jelas. 

Oleh karena itu, penulisan rubrik harus dilakukan sesuai dengan semua langkah-langkah sehingga rubrik dapat berfungsi sebagaimana mestinya yaitu untuk memudahkan para guru atau dosen melakukan penilaian berdasarkan aspek tertentu sehingga penilaian rubrik yang diberikan oleh seorang dosen maupun guru tetap objektif bukan subjektif.

Editor : Ella Fahrur Rizqi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline