Lihat ke Halaman Asli

Keunikan Individu Gordon Willard Allport

Diperbarui: 14 Juli 2024   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://immrestorasi.wordpress.com/2018/08/14/gordon-allport/

Keunikan Individu Profesor Gordon Willard Allport

Lahir di Montezuma, Indiana pada tanggal 11 November 1897. Gordon Willard Allport seorang psikolog yang meraih gelar doktor psikologi di Harvard pada tahun 1922. Menurutnya manusia normal adalah makhluk yang rasional yang diatur terutama oleh tujuan kesadarannya yang berakar dimasa kini dan masa yang akan datang, bukan di masa lalu. Prinsip dasar tingkah laku adalah terus menerus bergerak mengalir. Karenanya konsep utamanya adalah menyangkut motivasi, yang membuat orang bergerak.

Menurut Allport kepribadian adalah organisasi dinamik dalam sistem psikofisik individu yang menentukan penyesuaiannya yang unik dengan lingkungannya. Definisi kepribadian memiliki 3 unsur pokok:

1.Dynamic Organization (merangkum dua pengertian) : kepribadian terus menerus berkembang dan berubah dan didalam diri individu ada pusatt oranisasi yan mewadahi semua komponen kepribadian menghubungkan satu dengan lainnya.

2.Psychophysical Systems : kepribadian bukan hanya konstruk hipotetik tetapi merupakan fenomena nyata yang merangkum elemen mental dan neural, disatukan ke dalam unitas kepribadian.

3.Determine : kepribadian adlah sesuatu dan mengerjakan sesuatu, bukan sekedar konsep yang menjelaskan tingkah laku orang tetapi bagian dari individu yang berperan akti dalam tingkah laku orang itu.

A. STRUKTUR KEPRIBADIAN

1. Sifat (Trait)

 Trait adalah predisposisi untuk merespon secara sama kelompok stimuli yang mirip, suatu struktur neuropsikik yang memiliki kemampuan untuk menjadikan banyak stimuli berfungsi ekuivalen, dan memulai serta membimbing bentuk-bentuk tingkah laku yang adaptif dan ekspresif. Jadi, trait sebagai struktur neuropsikik membimbing orang untuk bertingkahlaku yang konsisten lintas waktu dan tempat, merespon secara sama kelompok stimuli yang mirip. Allport menjelaskan sifat-sifat yang terpenting dari trait, sebagai berikut: 

a. Nyata: trait itu bukan konsep abstrak tetapi obyek nyata, yakni struktur neuropsikis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline