Lihat ke Halaman Asli

Elvanadi

Swasta

Sudahkah Anak Bangsa Berkontribusi dalam Pembangunan Indonesia? Sebuah Refleksi di Hari Kemerdekaan

Diperbarui: 15 Agustus 2024   08:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Bendera Indonesia/Pexels.com

Makna Kemerdekaan dari masa ke masa semakin relevan dan kompleks dalam konteks globalisasi, perkembangan teknologi, dan tantangan sosial-ekonomi yang dihadapi bangsa Indonesia. 

Setelah lebih dari tujuh dekade merdeka, Indonesia kini berada masa di mana kemerdekaan bukan hanya tentang kebebasan dari penjajahan fisik, tetapi juga tentang bagaimana bangsa ini menjaga kedaulatan, meningkatkan kesejahteraan rakyat serta berperan aktif dalam percaturan dunia.

Zaman terus berkembang era digital seakan menembus batas ruang dan waktu, di mana  kemerdekaan bangsa Indonesia  harus mampu mengembangkan kemandirian dalam teknologi, termasuk di dalamnya kemapanan teknologi informasi.
Hal tersebut mencakup pengembangan teknologi baik lokal kedaerahan maupun nasional,  perlindungan data dan informasi, serta kekuatan kemampuan bersaing dalam bidang  e commerce

Semangat kemerdekaan juga menekankan pentingnya kedaulatan ekonomi, di mana Indonesia berusaha mengurangi ketergantungan pada impor dan utang luar negeri, serta memperkuat industri dalam negeri. 

Dengan pengembangan ekonomi berbasis sumber daya lokal, menunjang peran ekonomi kreatif, dan peningkatan daya saing produk Indonesia di pasar global.

Dalam konteks global yang penuh dengan dinamika politik serta keamanan nasional makna  kemerdekaan juga berarti menjaga pertahanan dan keamanan negara, baik dari ancaman militer, terorisme, hingga ancaman pencurian data. 

Kemerdekaan juga berarti kemampuan negara untuk melindungi warga negaranya terhadap bahaya yang mengancam baik di dalam maupun luar negeri.

Harapan tentang keadilan sosial dengan pemerataa, mampu mengatasi kesenjangan antara daerah dan pusat, memastikan hubungan baik pada bidang pendidikan, kesehatan serta terciptanya lapangan kerja bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk kelompok minoritas yang jauh dari perkotaan.
   

Dari sudut pandang Budaya, juga menjadi bagian penting dalam mengisi makna kemerdekaan. 

Hal tersebut dapat dilakukan dengan selalu menggunakan bahasa daerah, menjaga adat istiadat, dan juga memelihara warisan budaya yang telah menjadi ciri khas bangsa sejak nenek moyang kita dahulu.

Kemerdekaan juga berarti bangga akan identitas nasional di tengah pengaruh budaya asing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline