Lihat ke Halaman Asli

Elizabeth Marcia

Mahasiswa Fakultas Hukum Semester 5

Peran Generasi Muda dalam Menyikapi Masa Pandemi di Indonesia

Diperbarui: 13 Desember 2021   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada pertengahan bulan maret di tahun 2020, Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena virus covid-19. 

Wabah virus corona ini merupakan pandemic global dimana tidak hanya Indonesia saja yang terkena dampak melainkan ada beberapa negara lainnya yang terkena dampak akibat adanya wabah virus corona, misalnya Singapura, Amerika Serikat, India, Brazil, Prancis, Turki, Rusia, dan masih banyak lagi. 

Virus ini dapat menyebar melalui tiga cara, yang pertama melalui cairan atau percikan air yang keluar dari saluran pernafasan ketika seseorang batuk maupun bersin, yang kedua melalui kontak fisik dengan penderita positif covid, serta yang ketiga melalui permukaan yang terkontaminasi. 

Pemerintah dengan sigap menerapkan beberapa kebijakan baru untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran virus covid-19. Pada tanggal 13 April 2020, Presiden Joko Widodo secara resmi menetapkan Cocid-19 sebagai bencana nasional. 

Penetapan itu dinyatakan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) sebagai Bencana Nasional. 

Pemerintah dengan sigap menerapkan beberapa kebijakan baru untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran virus covid-19. 

Salah satu langkah cepat yang diambil pemerintah untuk menanggulangi virus ini adalah dengan membatasi ruang gerak masyarakat di fasilitas umum. 

Tidak terkecuali pada sarana pendidikan pun terkena imbasnya. Sejak setahun terakhir kegiatan belajar mengajar di Indonesia dilakukan secara daring dan tidak ada pembelajaran secara langsung atau tatap muka demi mengurangi penyebaran covid-19.

Dampak dari pembatasan ruang gerak masyarakat ini menyebabkan semua orang harus memutar otak agar tetap bisa melakukan kegiatannya meskipun dalam keadaan pandemi. 

Dari sinilah peran para pemuda bangsa sangat diperlukan, terutama para pelajar. Ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia, peran pemuda dalam membantu masyarakat cukup besar. 

Bisa kita bilang bahwa pemuda bukan saja berperan dalam membantu masyarakat akibat pandemi, melainkan juga melakukan perlawanan terhadap pandemi itu sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline