Lihat ke Halaman Asli

Eliza Fitriani

saya eliza fitriani mahasiswa universitas mercubuana jurusan psikologi, saya lulusan smk

Logika Bisnis: Model SWOT, Porter's

Diperbarui: 5 Maret 2023   11:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

hai kompers (Kompasiana Lovers) sekarang ini di era revolusi industri yang di tandai dengan perkembagan yang luar biasa di bidang teknologi internet. banyak dari generasi sekarang yang membuat usaha apapun demi mendapatkan uang dan memanfaatkan perkembangan teknologi ini. dan tidak sedikit juga yang membuat usaha berjualan melalui sosial media, terutama instagram, facebook, bahkan tiktok pun sekarang menjadi tempat untuk berjualan, namun semakin banyaknya platfom penjualan dan market place yang tidak jauh juga penjualannya, oleh dari itu semakin banyak sekali persaingan penjualan dari berbagai platfrom. 

dengan banyaknya berbagai macam platfrom yang ada, gimana si caranya agar penjualan kita atau omset kita bisa stabil atau bisa bertahan bahkan banyak pembelinya? jawabannya yaitu kita harus melakukan Analisis, dengan adanya Analisis kita mengetahui apa yang perlu di lakukan sebagai seorang penjual atau pebisnis, di sini saya ingin menjelaskan sedikit tentang Analisis SWOT, mungkin banyak dari temen-temen yang sudah tau apa si itu analisis SWOT? Analisis SWOT adalah kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, Threats. Analisis SWOT adalah salah satu teknik perencanaan Strategi untuk suatu bisnis atau Proyek. Metode ini mempertimbangkan faktor internal dan eksternal guna menyusun strategi bisnis yang efektif. 

secara umum pengertian analisis SWOT adalah metode perencanaan dengan mengevaluasi 4 komponen, yaitu :

1. Strengths (kekuatan)

setiap usaha yang kita jalankan atau yang kita jual pasti memiliki kekuatan, nah dari kekuatan ini yang menjadi peluang besar untuk kita sebagai penjual atau pembisnis, kita harus apa keunggulan dari produk kita, apa manfaatnya, dan jangka waktunya, kita harus melalukan analisis kekuatan dari suatu produk kita agar nantinya untuk berjualan bisa memaparkan berbagai macam keunggulan produk yang kita jual.

2. Weakness (kelemahan) 

begitu juga dengan poin pertama yang kita jelaskan tadi dengan memaparkan kekuatan dari suatu produk yang kita jual, pastinya produk yang kita jual juga memiliki kelemahan entah dari biaya yang masih kurang, atau bahkan dari produknya sendiri, namun dengan adanya kelemahan ini jangan di jadikan kelemahan dalam penjualan kita.

3. Opportunities (peluang)

setelah kita menganalisis kekuatan dan kelemahan dari suatu produk lalu kita menganalisis peluang, setiap penjualan atau setiap produk yang kita jual pastinya memiliki peluang walaupun hanya sedikit, namun dengan adanya peluang ini kita bisa berfikir kira-kira apa ya yang membuat bisnis atau usaha kita ini banyak yang membeli? mungkin dengan menarik konsumen dengan memberikan nama yang unik, atau dengan mengadakan promosi di awal opening, kita sebagai penjual harus bisa mencari peluang agar bisnis dan usaha yang kita jalani banyak peminatnya dan banyak juga omset penjualannya.

4. Threats (ancaman)

setelah kita menganalisis kekuatan dari suatu produk, kelemahan dari suatu produk, peluang dari suatu produk lalu kita juga harus menganalisis ancaman apa ni yang ada dalam persaingan penjualan? misal ada produk lain yang sama dengan produk yang kita jual ini salah satu ancaman namun kita tidak usah khawatir karena kita memiliki kekuatan atau keunggulan dari produk yang kita jual, kenapa si kita harus menganalisis ancaman juga? karena setiap usaha pasti memiliki persaiangan yang sengit apalagi produk yang di jual sama, apa yang bisa kita lakukan untuk itu? jawabannya dengan cara inovasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline