Lihat ke Halaman Asli

Cara Tidur Ala Rasulullah, Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan!

Diperbarui: 30 Agustus 2023   16:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Kompas.com

Rasanya kita sudah sangat tahu mengapa Rasulullah dijuluki sebagai suri teladan, karena segala hal yang dilakukan oleh beliau menjadi contoh. Rasulullah diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia, maka dari itu segala aktivitasnya disunahkan untuk ditiru. Mulai dari berniaga, cara beliau bergaul, bahkan dari bangun tidur sampai tidur lagi, semua aktivitasnya patut untuk diteladani.

Sebagai umat Rasulullah saw., sudah sepatutnya kita mengikuti sunah beliau, termasuk rutinitas atau cara tidur ala Rasulullah. Selain karena sunah, cara tidur ala Rasulullah juga sangat baik untuk kesehatan. Begini penjelasannya!

1. Tidur miring ke kanan

Sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, "Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Sebelum tidur, Rasulullah selalu memastikan posisi tidurnya sudah benar, yakni tidur miring ke arah kanan.

2. Tidur tanpa cahaya lampu

Sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Imam Bukhari, "Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur malam, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman."

Selain tidur miring ke kanan, Rasulullah juga tidur dengan keadaan cahaya lampu dimatikan.

Menurut penjelasan Halodoc, tidur dengan mematikan cahaya lampu juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan menjaga kesehatan mata dan kulit. Bahkan, paparan cahaya saat tidur di malam hari dapat mengganggu siklus menstruasi pada perempuan. Paparan cahaya dan siklus tidur yang tidak teratur dapat mengganggu kesuburan perempuan dan laki-laki dari waktu ke waktu.

Baca juga: Gaya Hidup Minimalis Ala Rasulullah SAW https://alazharpeduli.or.id/publikasi/artikel-berita/p/gaya-hidup-minimalis-ala-rasulullah-saw

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline