Lihat ke Halaman Asli

Elis Parlisa Rahmawati

Calon Guru Penggerak angkatan ke -7 Kab. Indramayu

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Pembelajaran Berdeferensiasi

Diperbarui: 19 Februari 2023   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum Wr. Wb

Salam dan Bahagia

Jumpa lagi Bersama saya Elis Parlisa Rahmawati dari UPTD SMP Negeri 2 Haurgeulis CGP Angkatan ke -7 Kab, Indramayu

Pada jurnal  refleksi dwi mingguan modul 2.1 kali ini saya akan merefleksikan Kembali apa yang telah saya alami selama saya mempelajari modul 2.1 pembelajaran Berdeferensiasi   dengan metode 4P.

Berikut catatan saya :

Fact (Peristiwa)

Di Modul 2.1 mengulas tentang Pembelajaran Berdeferensiasi. Kegiatan belajar ini menggunakan LMS dengan alur MERDEKA .  Diawali pretest dengan Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi 1, Ruang Kolaborasi 2, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi dan diakhiri dengan Aksi Nyata.

Diawali dengan mengerjakan soal pretest  pada tanggal 8 februari 2023 sebanyak 30 soal pilihan ganda. Didalam soal tersebut memuat materi pembelajaran berdeferensiasi yang akan dipelajari di modul 2. Kemudian dalam kegiatan mulai dari diri, saya diajak membayangkan kelas yang saya ampu dengan segala keragamannya,serta bagaimana saya mengelola kelas dengan kemampuan murid yang beragam  dan membuat proses belajar menjadi lebih mudah untuk murid saya dan saya diajak berbagi pengalaman tentang pengelolaan kelas yang pernah saya lakukan.

Kegiatan selanjutnya adalah Eksplorasi Konsep. Disini saya mempelajari bagaimana dan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdeferensiaisi yang benar. Karena selama ini masih sering terjadi miskonsepsi tentang pembelajaran berdeferensiasi. Pembelajaran berdeferensiasi adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan anak dengan melihat kesiapan belajar,minat dan profil belajar murid. Pada kegiatan ruang . di forum ekspolorasi konsep di ruang kolaborasi 1  saya Bersama reka-rekan CGP lain berdiskusi dan tukar pendapat mengenai penerapan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk dengan menganalisis video yang disajikan dalam LMS.

Pada tanggal 11 Februari nya kami CGP Angkatan ke-7 Kab, Indramayu melaksanakan Lokakarya yang ke -2 bertempat di SMK Negeri 1 Anjatan. Walau hujan deras mengguyur Sebagian besar wilayah Indramayu namun hal tersebut tidak menyurutkan Langkah kami untuk hadir dan mengikuti kegiatan Lokakarya karena hal tersebut adalah hal yang paling kami nantikan. Lokakarya adalah ajang silaturahmi kami  para CGP se kabupaten Indramayu untuk bertemu di dunia nyata(luring) dan merefresh kami yang selama satu bulan mengikuti pembelajaran secara daring,selain mendapat penguatan pembelajaran modul sebelumnya  oleh para pengajar Praktik hebat.

Kegiatan pembelajaran selajutnya ruang kolaborasi 2 secara daring, kami secara berkelompok mempresentasikan dan mendiskusikan hasil telaah kami dari study kasus yang difasilitasi oleh  Ibu Dian Rahmawati, kami mendapatkan pencerahan dan penguatan berupa umpan balik sehingga kami lebih dapat memaknai apa itu pembelajaran berdeferensiasi yang sesungguhnya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline