Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Penggunaan Internet dan Media Sosial terhadap Kemajuan UMKM di Indonesia

Diperbarui: 27 Desember 2021   09:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

                                                                                                                              

KARYA ILMIAH 

Disusun guna memenuhi tugas Ujian Akhir Semester mata kuliah Bahasa Indonesia

                                                                                                                                BAB I

                                                                                                                      PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

                 Teknologi informasi merupakan salah satu bentuk produk dari adanya arus Globalisasi yang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi diseluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia. Pengaruh teknologi informasi begitu dirasakan pada tiap bidangnya, mulai dari bidang Pendidikan, Telekomunikasi bahkan bidang Perekonomian. Dari ketiga contoh bidang tersebut bidang Perekonomian banyak mendapatkan manfaatnya. Terlebih lagi 2 tahun ini dengan status Indonesia yang dilanda pandemic Covid-19 membuat semua sektor mengalami perlambatan. Tetapi dengan adanya teknologi informasi berupa internet dan media sosial, Perekonomian Indonesia sangat terbantu khususnya para pelaku UMKM di daerah-daerah.

                 Berkat berkembangnya internet dan media sosial inilah pelaku UMKM dapat menjalankan usahanya kembali walau tidak selancar sebelum pandemic tetapi dengan adanya bantuan internet dan media sosial para pelaku UMKM dapat tetap produktif menjajakan produknya. Karena internet dapat memberikan manfaat meningkatkan kesempatan UKM untuk bekerjasama dengan pengusaha lainnya. Salah satu teknologi internet yang berkembang pesat dan berpotensi untuk mendorong pemasaran UKM adalah media sosial.. Karena media sosial memiliki potensi menghubungkan dengan banyak orang. Internet dan media sosial saat ini telah menjadi tren komunikasi pemasaran. Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan komputer seluruh dunia. Oleh karena itu dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa Internet dan Media Sosial memiliki keterkaitan dan hubungan yang selaras. Berdasarkan fenomena dan alasan-alasan diatas, penulis tergugah untuk mengangkat judul karya ilmiah tentang "Pengaruh Penggunaan Internet dan Media Sosial Terhadap Kemajuan UMKM di Indonesia".

B. Rumusan Masalah

1. Bagaimana pengaruh penggunaan internet dan media sosial bagi kemajuan UMKM di Indonesia?

C. Tujuan Penulisan

Setiap penulisan mempunyai tujuan atas sejumlah permasalahn sebagaimana yang telah dirumuskan. Penulisan ini mempunyai tujuan sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet dan media sosial bagi UMKM di Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline