Lihat ke Halaman Asli

elisa zahra putri

Mahasiswi UPN Veteran Jakarta

Bermodal Keberuntungan, Pemuda Ini Mendapatkan 100 Juta Pertamanya di Usia 18 Tahun

Diperbarui: 7 Juni 2023   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cc : Instagram @urrofi

Jakarta - Siapa mengira, anak berusia belasan tahun dapat menghasilkan ratusan juta dalam satu bulan. Hal tersebut terjadi pada Ahmad Daffa Urrofi, pria kelahiran 31 September 2002 ini memulai karirnya sejak usia 14 tahun. Saat ini Urrofi adalah seorang Content Creator Tiktok yang cukup terkenal dibidang photography dan videography.

Dalam wawancara terbaru pada Sabtu, 01 April 2023 Urrofi menceritakan bagaimana ia mendapatkan uang 100 juta pertamanya diusia yang sangat muda yaitu 18 tahun. Berawal dari menekuni hobinya, dan mulai berbagi berbagai tips-tips photography melalui media sosial. Penasaran dengan kesuksesan Urrofi di usia muda? Yuk simak artikel ini sampai habis ya!

cc : Instastory @Urrofi

Urrofi mengungkapkan bahwa awal kesuksesannya ini hanya mengikuti trend yang sedang viral pada masa itu. Pada saat ia berusia 14 tahun, ia sangat tertarik untuk mengulik tentang videography yang kala itu sedang populer di masyarakat. Dengan bekal hobi photography, Urrofi mulai membuat video travel dan menguggahnya di media sosial. Selain itu juga ia mengunggah youtube pertamannya dengan judul "Bikin Hyperlapse (tanpa) Tripod Tutorial'.

Video yang diunggah pada tahun 2018 ini langsung mendapatkan ratusan ribu penonton. Hal itu dikarenakan content yang dibuat Urrofi ini dikemas sangat menarik dan tentunya berbeda dari creator-creator lainnya. Perlahan nama Urrofi mulai naik, namun Urrofi memilih untuk lebih berfokus pada pendidikannya.

Memasuki tahun 2020 Urrofi mendapat kabar bahwa ia diterima di Universitas Pembangunan Nasional dengan jalur SNMTN. Hal inilah yang membuat tekat ia ingin lebih berfokus Pendidikan. Namun pada saat itu COVID-19 mulai menyebar dan membuat kita semua WFH. Urrofi mulai jenuh dengan kondisi seperti ini, secara tiba-tiba Urrofi merasa penasaran dengan aplkasi tiktok yang dimana pada tahun tersebut juga mulai ramai digunakan di masyarakat.

Merubah pikirannya, ia ingin kembali mengembangkan bakatnya. Dengan aplikai tiktok yang sedang ramai, ia mengunggah content tips-tips foto dan video. Tak disangka public menyukai content tersebut, dan untuk video pertama tersebut ditonton hingga I juta pengguna tiktok. Semenjak itu Urrofi berkomitmen untuk tetap berfokus membuat konten dan menjalani Pendidikan secara berdampingan.

Dengan semangatnya ia memutuskan untuk mengunggah konten minimal satu hari sekali. Sejak saat itu tawaran endorse dan pekerjaan pun mulai berdatangan. Penghasilan pertamanya ialah Rp1,2 juta dari endorse dengan sebuah brand.

cc : Instagram @Urrofi

"Kalau gue bisa bilang penghasilan gue dari content creation itu 80 persen dan 20 persen itu gue sebagai freelance videografer. Jadi kan gue emang basic-nya freelance videografer nah emang gue udah ngulik bisnisnya juga," ujar Urrofi pada sabtu, 01 April 2023.

Urrofi mencatat semua penghasilan dan pengeluaran keuangannya. Ia mengatakan bahwa proyek videografi yang ia buat, mematok harga Rp15 juta. Ia juga menarik kliennya dengan cara menunjukkan portfolio dan mencantumkan bahwa ia pernah bekerja sama dengan brand-brand besar. Berkat hal itu, Urrofi pun bisa memiliki uang Rp100 juta pertamanya di usia 18 tahun.

cc : Instagram @Urrofi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline