Lihat ke Halaman Asli

KKN Kelompok 11 STMM 2024

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC"

Berkolaborasi Dengan KKN UGM, KKN STMM Mengadakan Pengecekan PTM Gratis

Diperbarui: 14 Juli 2024   14:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Doc. KKN Kelompok 11 STMM 2024

Sebagai salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan masyarakat, Rabu (11/7) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pengecekan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan pemberian obat gratis kepada masyarakat di Desa Girirejo, Magelang. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Penelitian Pengabdian Masyarakat (KKN PPM) Universitas Gadjah Mada. 

Pengecekan Penyakit Tidak Menular (PTM) ini meliputi pemeriksaan antropometri, tekanan darah, kadar gula darah, dan pemberian obat gratis. Masyarakat cukup antusiasi mengikuti kegiatan sosial ini. Sekitar 40 orang datang dengan keluhan yang berbeda-beda, beberapa diantaranya bahkan tidak merasakan gejala dan baru menyadari penyakit setelah melakukan pemeriksaan. 

"Saya ikut karna saya kecapekan lalu sudah 3 hari sangat nyeri, lalu saya ikut tes ini ternyata darahnya tinggi dan kolesterolnya tinggi." Ungkap Rame Raharjo, Rabu (11/7)

Sumber: Doc. KKN Kelompok 11 STMM 2024

Berlokasi di Dusun Gondangan Wetan, sebagian besar warga yang datang berasal dari dusun Gondangan Wetan sendiri. Meski begitu, menurut Kepala Dusun Gondangan Wetan, Bapak Rame Raharjo menyampaikan bahwa masyarakat sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Pasalnya, sebagian besar masyarakat masih kurang aware dengan kesehatan maupun pola makan. 

"Harapannya diadakan posyandu lansia lagi karna warga saya termasuk kebanyakan tidak tau pola makannya, karna ada yang kena asam urat, kolestrol, tensi darah tinggi, kalau ngga sering ke puskesmas kan ngga tau, tiba tiba nanti sakit ada yang termasuk gejala stroke, takut tiba tiba gitu." Rame Raharjo, Rabu (11/7).

"Pesan saya untuk mahasiswa KKN supaya seluruh kegiatan KKN dilaksanakan dengan baik saja" pungkasnya, Rabu (11/7)

Foto bersama Mahasiswa KKN UGM dan KKN STMM dengan Kepala Dusun Gondangan Wetan/dokpri

KKN Kelompok 11 STMM 2024




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline