Lihat ke Halaman Asli

Elisa Sagala

Kontraktor dan Healer

Makanlah Buah Alpukat Ciptaan Tuhan

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Dua tahun lalu saya terkaget-kaget saat mendengar seorang ahli gizi berkata "TUHAN itu tidak terlalu bodoh saat menciptakan buah alpukat dengan tidak memasukkan gula, coklat, susu dan ice cream ke dalam buah alpukat menggantikan bijinya yang besar. Makanlah alpukat ciptaan TUHAN, bukan alpukat ciptaan manusia."

Waw...pedas dan sangat menusuk hingga ke sumsum tulang belakang. Saya penggemar berat jus alpukat yang dicampur dengan gula, coklat, susu dan ice cream. Sangat banyak manfaat buah alpukat bila dimakan sebagaimana buah itu adanya, namun bila sudah dicampur dengan gula, coklat, susu dan ice cream manfaat buah alpukat tersebut akan rusak bahkan mendatangkan resiko bagi kesehatan. Begitu kira-kira penuturan sang ahli gizi.

Walau berat, saya ikuti berhenti minum jus alpukat campuran dan makan alpukat asli. Alhamdulilah...saya rasakan manfaatnya. Benarlah bahwa alpukat ciptaan TUHAN itu tanpa gula, coklat, susu dan ice cream.

Salam,

Elisa Sagala


Manfaat Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki sejuta manfaat bagi manusia, dari mulai manfaat kesehatan, manfaat kecantikan dan manfaatnya sebagai makanan. Alpukat sendiri mempunyai nama latin Persea americana dan termasuk dalam keluarga Lauraceae. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah.

Selain enak dimakan dan dibuat jus, buah alpukat juga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan tidak cuma buahnya, biji dan daun alpukat juga memiliki khasiat yang sama dan sering dijaikan obat tradisional.

Berikut ini kandungan gizi buah alpukat dalam 100 gram:

Kalori 85,00 kal
Protein 0,90 g
Lemak 6,50 g
Karbohidrat 7,70 g
Kalsium (Ca) 10,00 mg
Fosfor (P) 20,00 mg

Zat Besi (Fe) 0,90 mg
Vitamin A 180,00 S.I.
Vitamin B1 0,05 mg
Vitamin C 13,00 mg
Air 84,30 mg
Serat 1,40 g

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline