Lihat ke Halaman Asli

Elisa Sagala

Kontraktor dan Healer

Sulit atau Mudah?

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

SULIT atau MUDAH ?

Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi TUHAN," dan ia MEMBENCI sesamanya, maka ia adalah PENDUSTA, karena barangsiapa tidak mengasihi sesamanya yang dilihatnya, TIDAK MUNGKIN mengasihi TUHAN yang tidak dilihatnya.

Kalimat yang sangat SULIT kita diterima.

Perbedaan agama sangat berhasil menabur KEBENCIAN akan satu sama lain. Perbedaan pendapat terbukti sangat mampu menghadirkan KEBENCIAN di hati manusia. Kebutuhan materi, harga diri yang tidak seimbang dan keserakahan adalah hal yang sangat mempuni menumbuhkan KEBENCIAN akan satu sama lain.

MUDAH membagi materi pada seseorang yang kita sayang. MUDAH mengalah dan mengorbankan segala hal pada anak-anak atau keluarga. MUDAH melakukan banyak hal pada orang yang menghargai kita. MUDAH duduk dan berada di rumah ibadah seharian, bahkan MUDAH untuk tidak bekerja satu hari dalam seminggu sesuai ajaran agama tertentu.

Namun...

Masihkah MUDAH untuk TIDAK MEMBENCI semua orang? Masihkah MUDAH untuk TIDAK MEMBENCI orang yang tidak mau melakukan kebaikan pada kita? Masihkah MUDAH untuk TIDAK MEMBENCI orang yang melakukan hal yang kurang berkenan di hati kita?





Masihkah MUDAH untuk TIDAK MEMBENCI orang yang merencanakan bahkan mendatangkan MUSIBAH dalam hidup kita?



Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline