Lihat ke Halaman Asli

Queen Foniks

Merdeka Menulis

Ide Program Kerja Kampus Mengajar

Diperbarui: 3 Januari 2024   23:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Dokumen Pribadi


Hai, sahabat Kompasiana! Semoga kalian sehat. Selamat kepada kamu yang telah lulus dan mendapat penempatan kampus mengajar. Di mana pun sahabat Kompasiana ditempatkan, terimalah, berjuanglah, bertahanlah, jalani dengan baik, dan syukurilah. 

Oh ya, sahabat Kompasiana pasti akan membuat rancangan program yang akan dilaksanakan di sekolah penugasan selama sekitar 4 bulan. Mungkin masih ada yang bingung dengan program yang akan dirancang. 

Nah, di sini saya, Queen Foniks, alumni peserta kampus mengajar batch 6, akan memberikan beberapa ide program kerja yang mungkin cocok buat kalian.

  • LABA (Lancar Baca)

Program kerja ini dilaksanakan di luar jam pembelajaran sekolah, diisi oleh siswa yang belum mengenal huruf dan belum lancar membaca. Tujuan dari program ini adalah membantu siswa agar lebih fasih dan lancar membaca. Sasaran dari program ini adalah kelas 4-6 yang belum lancar membaca.

  • 15 Menit Baca

Program ini dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai, di dalam kelas. Siswa membaca selama 10 menit, dan 5 menit mencatat hasil bacaan. Tujuan dari program 15 Menit Baca adalah agar siswa terbiasa membaca, menyukai literasi, dan menambah wawasan serta kosa kata.

  • Matematika Menyenangkan

Program ini menyesuaikan dengan materi matematika yang diajarkan. Sahabat Kompasiana yang mengikuti kampus mengajar dapat kreatif membuat permainan atau games, dan juga Ice Breaking yang membuat matematika menjadi menyenangkan. Siswa dapat bermain sambil belajar.

  • Pustakawan Cilik

Program ini dilaksanakan dengan membimbing siswa dan memberikan tanggung jawab kepada siswa yang dapat mengelola perpustakaan. Dilaksanakan pada jam istirahat, tujuan program ini adalah mengaktifkan kembali perpustakaan yang terbengkalai, menumbuhkan rasa tanggung jawab akan pentingnya buku, dan mengatur buku lebih tertata.

  • Go Green

Program kerja Go Green melibatkan seluruh siswa dalam menanam tanaman di lingkungan sekolah. Tujuan dari Program Go Green adalah membuat iklim lingkungan sekolah lebih asri dan nyaman untuk dipandang.

  • Go Recycle

Program Go Recycle memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

  • Menyanyikan Lagu Nasional

Sebelum Belajar Program ini merupakan bentuk ekspresi rasa kebangsaan, patriotisme, dan nasionalisme. Tujuannya adalah menumbuhkan rasa nasionalisme pada siswa dan mengamalkan sila Pancasila ke tiga.

  • Festival Literasi dan Numerasi di SD

Kegiatan ini diadakan oleh kampus mengajar untuk meningkatkan kreativitas siswa, seperti pameran karya siswa.

  • Jumat Sehat

Program ini dilaksanakan pada hari Jumat dengan kegiatan seperti senam sehat dan Operasi Semut 10 Menit. Kelas tinggi menjadi pemandu senam yang kami dampingi. Setelah senam, dilanjutkan dengan Operasi Semut, yaitu kegiatan membersihkan area lingkungan sekolah.

Semoga ide program kerja yang saya berikan dapat membantu sahabat Kompasiana. Tetap semangat ya! Salam Pendidikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline