Lihat ke Halaman Asli

Elisabeth Sabrina

Seseorang yang hanya ingin belajar hal baru

Expo UNNES GIAT 5 Kramat: Laksana Giat Bahari, Membangun Kramat yang Berdikari

Diperbarui: 10 Agustus 2023   08:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : Arsip Mahasiswa UNNES Giat 5 Kab. Tegal

Lapangan Desa Kemantran, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal menjadi lokasi dilaksanakannya Expo UNNES GIAT 5 Kramat. Expo ini memiliki tema "Baruna Sampaguita" yang memiliki arti "Lautan Melati". Expo ini dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Agustus 2023 dengan sangat meriah. Seluruh mahasiswa peserta UNNES GIAT 5 Kabupaten Tegal berpartisipasi dalam expo ini. Tak hanya itu, expo ini juga dihadiri oleh para tamu undangan yang terdiri dari pejabat setempat, Kepala Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tegal, Bappeda Kabupaten Tegal, Camat Kramat, kepala desa dari seluruh Kecamatan Kramat, serta dihadiri oleh masyarakat sekitar.

sumber : Arsip Mahasiswa UNNES Giat 5 Kab. Tegal

Expo UNNES GIAT 5 Kramat dapat dikatakan sebagai puncak dari hasil kegiatan UNNES GIAT 5. Senam bersama, lomba menyanyi peserta didik SD Kec. Kramat, bazar hasil inovasi dan umkm, penampilan kesenian lokal, dan penampilan mahasiswa peserta UNNES GIAT 5 merupakan runtutan acara dalam Expo UNNES GIAT 5 Kramat. Bazar ini menampilkan hasil inovasi berupa produk dan hasil olahan pangan khas desa-desa di Kecamatan Kramat, hasil kegiatan Gempur Rokok Ilegal, serta UMKM setempat. Salah satu contoh potensi ekonomi yang ada yaitu hasil olahan pangan dari Desa Babakan berupa Mirong Ikan yang mana produk tersebut masih jarang ditemukan produksinya di Kecamatan Kramat. Berbagai produk dan hasil olahan yang disajikan merepresentasikan betapa besarnya potensi ekonomi yang ada pada setiap desa.

sumber : Arsip Mahasiswa UNNES Giat 5 Desa Babakan

Expo UNNES GIAT 5 Kramat juga dimeriahkan oleh penampilan kelompok kesenian setempat seperti penampilan pencak silat dan sulap oleh Padepokan Trisula serta penampilan Tari Kidang yang ditarikan oleh para peserta didik SDN Mejasem Barat 01. Tak hanya itu, mahasiswa peserta UNNES GIAT 5 juga ikut serta unjuk gigi dalam beberapa penampilan. Hal ini menunjukkan potensi seni di Kecamatan Kramat juga masih kental.

Energi positif dari Expo UNNES GIAT 5 Kramat diharapkan bisa menjadi inspirasi untuk masyarakat sekitar dalam hal pengembangan inovasi potensi desa yang ada sehingga potensi ekonomi serta seni yang ada bisa terjaga dan menjadi potensi unggulan dari Kecamatan Kramat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline