Lihat ke Halaman Asli

Elisabeth Icha A. P.

Freelance Writer

Karakteristik Media Online: Portal Berita

Diperbarui: 11 Maret 2016   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Munculnya jenis media baru berupa internet mengakibatkan adanya pencarian informasi yang lebih mudah dan cepat. Informasi dapat diakses di mana saja, kapan saja, dan dalam bentuk apa saja, salah satunya berita. Berbagai media yang menyediakan berita dalam portal online sangat beragam dan memiliki karakteristiknya masing-masing. Dalam tulisan akan dibahas persamaan dan perbedaan dari dua portal berita online republika.co.id dengan tempo.co dalam 5 kriteria. Kriteria tersebut adalah; content, functionality, navigation, audio/video quality, dan interactivity.

Content

[caption caption="Konten sesuai dengan ideologi media"][/caption]

Konten web republika.co.id dan tempo.co memiliki perbedaan yang mencolok dalam gaya pemberitaan, baik angle berita, isu yang diangkat, maupun pilihan berita unggulan yang terdapat di dalam kedua portal berita online ini. Republika.co.id lebih sering menampilkan berita yang berkaitan dengan agama. Hal ini melekat dengan sejarahnya yang tak lepas dari ideologi agama sejak pertama didirikan. 

Dapat dilihat dalam kolom berita unggulan, lebih banyak menampilkan isu agama seperti isu tentang ISIS, hak-hak muslimah, dan isu kebebasan beragama. Hal ini berbeda dengan konten portal berita di tempo.co. Konten dalam tempo.co lebih cenderung menyoroti kebijakan pemerintah, kesejahtaeraan publik, dan cenderung kritis dengan isu-isu pemerintahan. Hal ini tidak lepas juga dari sejarah Tempo sejak sebalum Orde Baru hingga kini yang kerap mengkritisi jalannya pemerintahan.

Functionality

[caption caption="Functionality"]

[/caption]

Berita yang terdapat dalam kedua media online ini befungsi untuk menginformasi khalayak dengan bentuk media baru, yakni internet. Selain berupa berita, konten yang terdapat dalam tampilan kedua portal berita online tersebut juga terdiri dari iklan. Sesuai dengan jenisnya yakni portal berita, Republika.co.id dan tempo.co tidak banyak menampilkan iklan, sehingga lebih menginformasi khalayak. Hanya terdapat 3-4 iklan yang ada di kedua portal berita tersebut.

Navigation

Navigasi dalam kedua portal berita tersebut cukup memadai. Hal ini ditandai dengan adanya kolom search yang memudahkan khalayak untuk mencari berita khusus sesuai yang diinginkan. Selain kolom search, kedua portal berita online tersebut juga menyediakan kolom berita unggulan dan populer, seperti pada gambar pembahasan konten.

Audio/Video Quality

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline