Lihat ke Halaman Asli

Tetap Bisa Menghasilkan Duit Walau di Rumah Aja! Mahasiswa Undip Berbagi Ilmu Digital Marketing

Diperbarui: 11 Agustus 2021   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Siapa disini yang kegiatan di rumah itu-itu aja? Siapa yang bosan dengan rutinitas yang selalu sama? Pandemi memang membatasi ruang gerak kita, namun bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa yang kita inginkan selama di rumah aja. Efek PPKM yang berkepanjangan memang sering membuat kita stress, terlebih kerap kali kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi membuat kita mau tidak mau harus tetap mencari rejeki di luar rumah. Tapi di jaman yang serba digital ini, mencari rejeki tetap bisa dilakukan walau di rumah aja. 

Salah satu mata pencaharian RW 3 Kelurahan Bendan Duwur adalah berjualan. Berbagai macam usaha dan produk yang diperjual-belikan. Ada yang membuka kedai makanan, usaha depot air minum, berjualan sembako, membuka caf, hingga usaha-usaha pekerjaan bahan properti. Setiap masyarakat pasti memiliki kendala dalam memasarkan produk mereka di tengah pandemi, namun hal ini tidak membuat kita berhenti dan patah semangat. Oleh sebab itu, Elisabeth Hutabarat salah satu mahasiswa Biologi Undip membantu masyarakat melalui edukasi mengenai Strategi Pemasaran Produk di Era Pandemi Menggunakan Teknik Digital Marketing. 

Digital Marketing merupakan konsep pemanfaatan internet sebagai suatu teknologi yang dapat menghubungkan komunikasi antara penjual dengan pembeli yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi produk atau jasa baik beruapa teks, gambar, audio, dan video. Tujuan dari digital marketing adalah memudahkan promosi penjualan, meroketkan merek produk/jasa, biayanya jauh lebih murah dan mudah dijangkau calon konsumen, serta muatan informasi yang besar dan luas dibandingkan dengan media konvensional seperti media cetak, radio, dan televisi. 

Adapun strategi dasar digital marketing yang harus diketahui oleh masyarakat sekitar yaitu: 

1. Memanfaatkan WhatsApp Para pelaku usaha bisa mengumpulkan kontak pelanggan dan menawarkan konten yang relevan dengan produk kepada pelanggan. Lalu berinteraksi melalui grup untuk meningkatkan rasa emosional antara pembeli dengan produk. Jangan lupa untuk konsisten dalam melakukan promosi produk untuk memperoleh keuntungan yang melimpah 

2. Membuat Buyer Pesona Lakukan penargetan karakter yang menjadi target siapa yang akan membeli produk 

3. Menerapkan Strategi Copy Writing Copy writing adalah strategi untuk mendorong atau membujuk orang bertindak membeli setelah membaca tulisan atau mendengar tentang produk dan jasa. Gunakan headline yang WOW sehingga menarik perhatian yang membaca. 

4. Menjalankan Social Media Marketing Gunakan sosial media seperti facebook, instagram, dan media sosial lainnya sebagai pihak ketiga yang memperantarai antara penjual dengan pembeli. 

Mulailah mempromosikan usaha anda secara online dan gunakan teknik-tenik diatas. Jangan pernah patah semangat dan yang terpenting adalah proses ketekunan dalam memasarkan produk. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline