Lihat ke Halaman Asli

Kunjungan Modul Nusantara PMM 3 Kelompok 2 (Ananta Abhinaya) ke Vihara Vipassana Graha Kota Bandung

Diperbarui: 25 September 2023   22:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Modul Nusantara (Dokpri)

Kegiatan Kebhinekaan dan Refleksi Modul Nusantara Kelompok 2 Ananta Abhinaya. Kelompok 2 Modul Nusantara Ananta Abhinaya melakukan kunjungan Kebhinekaan dan Referensi ke Vihara Vipassana Graha yang berada di Kota Bandung, Di daerah kawasan Lembang,Lokasi Jl. Kolonel Masturi No.69, Sukajaya, Kabupaten Bandung Barat.

Vihara Vipassana Graha adalah rumah ibadah agama Buddha. Kegiatan Kebhinekaan dan Refleksi Modul Nusantara Kelompok 2 ini dilakukan di lingkungan vihara Vipassana Graha membahas tentang makna keberagaman dalam beragama dan berkeyakinan.

Serta Melakukan tanya jawab dengan pemuka agama Buddha yaitu   Bhante Suddhasilo sambil menyelami keberagaman yang ada di Indonesia.

Vihara Vipassana Graha adalah sebuah tempat ibadah Buddha yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Ini adalah salah satu vihara terkemuka di kota tersebut dan merupakan pusat kegiatan keagamaan Buddha serta meditasi Vipassana.Vihara ini juga dikenal sebagai tempat di mana orang dapat belajar dan berlatih meditasi Vipassana, yang merupakan teknik meditasi Buddha yang fokus pada pengamatan pernapasan dan pemahaman mendalam tentang alam batin. Kursus meditasi Vipassana sering kali diadakan di sini, dan biasanya tersedia untuk umum.

Berdasarkan cerita dari Pemuka Agama Bhante Suddhasilo bahwa Vihara Vipassana Graha didirikan pada tahun 1989, dan Melakukan peletakan batu pertama pada tahun 1991. Dan Vihara Vipassana Graha sudah berdiri selama 32 tahun. Vihara Vipassana Graha ialah tempat umat agama Buddha untuk beragama atau untuk meditasi. Dimana didalam agama Buddha Meditasi merupakan ajaran agama Buddha sebagai pemusatan pikiran untuk memperoleh ketenangan dalam mencapai tingkat tertinggi (Nibbana). Meditasi terbagi menjadi dua macam yaitu Samatha Bhavana (ketenangan batin) dan Vipassana Bhavana (pandangan terang).

Berdasarkan sumber dari Pemuka Agama Bhante Suddhasilo bahwa kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka dan waktu beribadah ke dalam Vihara Vipassana Graha dapat dilakukan kapan saja baik itu pagi, siang ataupun sore. Dan Tempat untuk beribadah nya bisa juga dimana saja sebab meditasi yang dilakukan adalah untuk menjaga ketenangan batin. Adapun hari besar dari agama Buddha adalah hari Waisak dimana hari Waisak ini ialah hari besar Kelahiran, hari pencapaian dan hari Kematian.

Dalam Agama Buddha ini mereka memiliki landasan yaitu Jangan Berbuat Jahat, Perbanyak Kebajikan dan Sucikan Hati dan Pikiran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline