Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Lebih Dalam Layanan Kesehatan dalam Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang

Diperbarui: 30 Agustus 2024   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Depan Klinik Pratama Laksmi LPP Malang/dokpri

Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang optimal meskipun dengan keterbatasan fasilitas yang ada. Lembaga pemasyarakat berusaha memberikan layanan kesehatan yang layak dengan harapan setiap warga binaan mendapatkan hak kesehatan yang sama seperti individu lainnya dengan memepermudah akses kesehatan bagi mereka.  

Ibu dr. Sri Wardani selaku penaggunng jawab klinik pratama sebagai tempat pelayanan kesehatan dalam lapas perempuan malang, menyampaikan bahwa setiap narapidana/ tahanan baru yang masuk ke dalam lapas perempuan akan melaksanakan screening kesehatan sesuai sop yang berlau di lapas untuk pemeriksaan penyakit menular seperti HIV/AIDS, Tuberkulosis, PMS (Penyakit menular seksual). Dengan tujuan mencegah resiko penularan penyakit. Selanjutnya pelayanan kesehatan juga dilakukan rutin bagi warga binaan yang memiliki keluhan sakit.

kegiatan konsultasi kesehatan bersama dokter/dokpri

Dilihat dari kondisi yang ada pelayann kesehatan di lapas perempuan malang dapat dikatakan memiliki fasilitas yang mewadahi seperti terdapat ruang konsultasi dokter, ruang pememriksaan dokter, ruang observasi, ruang gawat darurat dan apotik. Dengan adanya tenaga kerja yang meliputi dr sri wardani selaku dr umm dan penanggung jawab, drg. Kumala kuma hayu dokter gigi, dr ayu sri widyarini s psi, m psi dokter kejiwaan, 2 perawat, 1 tenaga administrasi, dan 1 part time.

"Saat ini pelayanan kesehatan di lapas perempuan malang memiliki kendala dalam biaya pengobatan" ungkap bu dr. sri wardani selaku penanggung jawab. Hal itu dikarenakan biaya kesehatan tidak ditanggung lagi oleh jamkesmas. Namun biaya kesehatan dialihkan ke BPJS masing-masing warga binaan. Walaupun dengan adanya kendala tersebut, layanan kesehatan dalam lapas perempuan malang tidak menjadi halangan dan tetap berusaha sebaik mungkin memberikan hak kesehatan bagi warga binaan pemasyarakatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline