Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan di Zaman Modern

Diperbarui: 7 Mei 2018   16:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di zaman modern ini teknologi berkembang pesat. Handphone menjadi salah satu yang paling diminati. Kecanggihan yang dimiliki membuat seseorang menjadi mudah untuk mengerjakan apapun. Dengan handphone yang canggih juga akan mempermudah dalam mengakses jarigan internet. Di dalamnya juga terdapat aplikasi Play Store. Play Store adalah toko aplikasi gratis yang didalamnya terdapat ribuan aplikasi.

Selain teknologi, Kurikulum pendidikan juga ikut berubah seiring dengan perganntian zaman. Dulu menggunakan KTSP 2006 dan sekarang menggunkan K13. Sekarang siswa dituntut untuk menguasi materi yang lebih mendalam dan juga harus lebih aktif dalam pembelajaran. Di K13 siswa ditanaman bisa menguasi teknologi. Dalam mewujudkannya maka terbentuk lah sistem belajar mengajar melalui media elektronik. Salah satunya yang kita bisa gunakan adalah Edmodo. Edmodo adalah apliksi yang canggih dan terpercaya, kita bisa belajar di dalamnya tanpa harus bertemu dengan guru. Tugas tidak lagi ditulis di di lembaran kertas tapi ditulis menggukan Ms Word.

Di dalam edmodo, selain kelas siswa dan guru juga terdapat kelas orang tua. Di zaman modern ini biasanya orang tua merasa khwatir akan menyalah gunakan kecanggihan teknologi.  Nah , di edmodo orang tua juga dapt ikut bergambung. Mereka dapat memantau anak dari kejauhan apakah anaknya mengerjakan tugas atau tidak. Dengan mengontrol cara belajar anak. Anak diajarkan untuk belajar secara rutin.orang tua juga dapat memantau kemampuan akedemik anak dan mengetaui nilai-nilai ualangan dan tugas anak mereka. Orang tua dapat berkomunikasi dengan guru untuk mengetaui sikap, moral, tingkah laku dan perkembangan anak. Selain itu orang tua juga dapat memantau efektivitas jam belajar di sekolah.

Meskipun teknologi memberikan dampak positif, orang tua juga harus membatasi penggunaanya karena, selain positif teknologi juga dapat membawa dampak negatif pada kesehatan tubuh dan mata. Edmodo memang berpengaruh pada orang tua, guru dam siswa. Siswa menjadi pintar, orang tua tenang, dan guru menjadi mudah dalam mengajar. Semua itu tidak jauh dari perkembangan dan peran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline