Lihat ke Halaman Asli

Elis maelani

mahasiswa

Peran Pemerintah dalam Meningkatkan Ekonomi Nasional

Diperbarui: 9 Mei 2024   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran pemerintah dalam meningkatkan pembangunan perekonomian nasional sangatlah penting dan juga strategis. Pemerintah mempunyai beragam pilihan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi, mengatasi kesenjangan Regional, dan mendorong pembangunan serta pertumbuhan ekonomi nasional saat itu dan masa yang akan datang. Salah satunya instrumen kebijakan utama yang menjadi landasan pembangunan ekonomi berbasis pembangunan daerah khusus transpormasi infrastruktur, adalah penetapan prioritas program atau insfratruktur melalui Proyek Strategi Nasional (PSN).

Pemerintah juga memiliki peranan untuk mendorong proses pembangunan ekonomi agar tumbuh, berkembang, dan maju lebih cepat. Dalam hal ini, pemerintah perlu berperan aktif dalam mengelola sumberdaya yang mereka miliki, seperti tenaga kerja, sumberdaya alam, dan modal. Serta mengoptimalkan alokasi sumberdaya tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah juga mempunyai peran untuk melaksanakan kebijakan fiskal dan moneter yang komprehensif terhadap pemulihan ekonomi nasional. Kebijakan tersebut meliputi alokasi dana APBN, penundaan pembayaran angsuran, subsidi bunga, jaminan modal kerja, insentif perpajakan, serta penyediaan sumberdaya negara kepada perbankan untuk restrukturisasi utang debit tur.

Pemerintah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pekerja serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan pelayanan publik, mengurangi korupsi dan meningkatkan kualitas penduduk. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, pertumbuhan penduduk harus diimbangi dengan ketersediaan barang dan jasa serta kemampuan penduduk dalam membeli barang dan jasa yang dibutuhkan. Untuk bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah menempuh berbagai kebijakan dalam negeri antara lain: belanja domestik, konsumsi dan investasi. Pemerintah juga menjaga dan meningkatkan daya beli masyarakat, mengendalikan inflasi, serta mendorong industri dan sektor pariwisata sebagai mesin penggerak perekonomian.

Kesimpulannya, peran pemerintah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi suatu negara meliputi pembangunan infrastruktur, pengelolaan sumberdaya, penetapan kebijakan fiskal dan moneter, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pekerja, serta mendorong berbagai kebijakan dalam negeri. Semua itu mempunyai tujuan untu




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline