Lihat ke Halaman Asli

Memaksimalkan Penggunaan AI, Prodi Digital PR Tel - U Kunjungi Google Indonesia

Diperbarui: 20 Desember 2024   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Telkom University

Bandung, 29 November 2024 - Program Studi S1 Digital Public Relations, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University (Tel-U) melaksanakan kunjungan perusahaan (company visit) ke Google Indonesia pada Kamis (28/11). Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah dosen, staf akademik, dan dua mahasiswa dari Prodi S1 Digital Public Relations.

Dalam sambutannya, Kepala Prodi S1 Digital Public Relations, Dr. Tita Melia Milyane, S.Sos., M.M.Pd., menyampaikan bahwa kunjungan ke Google Indonesia ini diharapkan dapat memotivasi para dosen untuk memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) secara optimal, khususnya untuk mendukung kebutuhan riset. "Kunjungan ini bertujuan agar tenaga pengajar dapat memahami dan memanfaatkan AI dengan baik, sekaligus menambah wawasan baru untuk mendukung kegiatan akademik dan penelitian," ungkapnya.

AI atau kecerdasan buatan kini menjadi alat penting dalam dunia akademik, termasuk untuk keperluan riset dan inovasi. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, AI menawarkan efisiensi dan kemudahan dalam proses pencarian data riset secara ekonomis serta dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Sekretaris Prodi S1 Digital Public Relations, Moch. Armien Syifaa. S, S.S., M.I.Kom., berharap agar dosen dan mahasiswa di lingkungan Prodi Digital Public Relations mampu menggunakan AI secara bijaksana dan maksimal sebagai alat pendukung dalam menyelesaikan tugas-tugas. Namun, ia juga menekankan pentingnya pendampingan serta pemahaman mendalam tentang AI, agar teknologi ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai jalan pintas yang mengorbankan kualitas. "Pada akhirnya, kitalah yang bertanggung jawab untuk mereview dan memastikan hasil pekerjaan tetap berkualitas," tambahnya.

Kunjungan ini dihadiri oleh sejumlah dosen Prodi S1 Digital Public Relations, termasuk Dr. Amalia Djuwita, MM., Ayub Ilfandy Imran, Ph.D., Drs. Hadi Purnama, M.Si., Moch. Armien Syifaa. S, S.S., M.I.Kom., M. Al Assad Rohimakumullah, S.I.Kom., M.I.Kom., Razie Razak, S.Sos., M.I.Kom., Dr. Sri Dewi Setiawati, M.Si., Slamet Parsono, S.Sos., M.I.Kom., Dr. Tita Melia Milyane, S.Sos., M.M.Pd., Dr. Sri Wahyuning Astuti, S.Psi., M.I.Kom., Hanna Wisudawaty, S.I.Kom., M.I.Kom., Sarah Derma Ekaputri, S.I.Kom., M.I.Kom., Rifqi Abdul Aziz, S.I.Kom., M.I.Kom., Muhammadh Rio Fariza, S.Sos., M.I.Kom., serta staf akademik Saepul Hayat, S.Pd.

Kegiatan company visit ke Google Indonesia tidak hanya memberikan pengetahuan terkait penggunaan AI untuk riset akademis, tetapi juga menghadirkan inspirasi dan wawasan baru tentang pemanfaatan AI secara optimal dengan tetap mematuhi etika akademik. Hal ini diharapkan dapat menjadi bekal berharga bagi para peserta dalam mendukung pengembangan akademik dan inovasi di lingkungan Telkom University.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline