Lihat ke Halaman Asli

Elina A. Kharisma

TERVERIFIKASI

Berbagi hal baik dengan menulis

Sayang Dilewatkan, Karena Buku-buku Ini Penuh Kejutan

Diperbarui: 30 Januari 2018   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (Eka Kurniawan) -- [Sumber Gambar: anggarini.com]

Sebagai seorang yang kutu buku dan menyukai sastra, saya selalu mencari bacaan-bacaan yang membuat saya sulit berhenti membaca lalu setelah menuntaskannya, saya berkata, "Buku ini keren!". Salah satu kriteria buku yang keren versi saya adalah buku itu memberikan kejutan. Ada buku yang membuat saya terkejut karena plotnya, tokohnya, hingga akhir ceritanya. Nah, inilah beberapa buku yang saya jagokan karena kejutannya membuat saya susah lupa.

1. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (Eka Kurniawan)

Novel ini adalah novel Eka Kurniawan yang pertama kali saya baca. Saya berpikir ceritanya akan tentang cinta karena cinta erat hubungannya dengan rindu. Namun, ternyata asumsi saya sangat salah. Ini lebih seru dari cerita cinta versi film televisi. Selama saya membaca novel ini, saya dibuat penasaran dengan alasan pemilihan judulnya. Kenapa judulnya ini? Eka Kurniawan berhasil membuat saya bertanya-tanya dan mencari-cari petunjuk tentang judulnya. Saat menemukannya, saya pun hanya geleng-geleng kepala sembari mengakui bahwa penulis novel ini adalah orang yang sangat istimewa dan bertalenta. Selain itu, bagian paling favorit saya adalah ketika adegan kejar-kejaran dua truk. Kalau bukan penulis yang hebat, pasti tidak akan bisa membuat bagian ini dramatis, seru serta mengesankan.  

2. Cinta Tak Pernah Sia-sia (Agus Noor)

Buku ini merupakan sebuah kumpulan cerita pendek karya Agus Noor yang pernah dipublikasikan diberbagai media. Dalam setiap cerita yang dia tuliskan, Sang Pangeran Kunang-kunang ini selalu memberikan kejutan. Tidak jarang tulisannya membuat saya berhenti sejenak untuk memikirkan maksudnya karena beberapa menggunakan metafora. Tidak hanya tentang cinta, Agus Noor juga menyinggung masalah hukum dan politik. Jika bosan membaca cerita pendek yang "mainstream", buku ini bisa pilihan untuk memberikan suasana baru ditambah dengan kejutan-kejutan yang membuat pembacanya tidak sabar untuk menikmati cerita-cerita lainnya.

3. Cantik Itu Luka (Eka Kurniawan)

Bagi penggemar novel dengan alur cerita yang unik, novel ini sayang untuk dilewatkan. Meskipun tergolong novel yang tebal, namun buku yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris ini pantas untuk dibaca hingga tuntas karena penuh kejutan baik dari penokohan maupun alur ceritanya. Eka Kurniawan berhasil menggabungkan kisah percintaan, tragedi, hingga sejarah ke dalam sebuah cerita yang memberikan banyak kejutan lantaran ceritanya tidak mudah untuk ditebak.

4. Padang Bulan (Andrea Hirata)

Andrea Hirata membuat novel dwilogi yang berjudul Padang Bulan dan Cinta Di dalam Gelas. Novel yang menjadi favorit saya adalah yang pertama, Padang Bulan. Dengan latar budaya Melayu, penceritaan dalam novel ini sangat mengalir dan membuat saya sulit berhenti membacanya. Di beberapa bagian, Andrea Hirata menyelipkan humor-humor yang menarik meskipun beberapa diantaranya merupakan guyonan yang membuat getir. Justru inilah yang menjadikan novel ini istimewa dan penuh kejutan.

5. Tanah Surga Merah (Arafat Nur)

Novel yang masuk nominasi kategori fiksi Kusala Sastra Khatulistiwa 2017 ini  ditulis dengan sudut pandang seorang mantan tentara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang kembali ke kampungnya. Menariknya, tokoh ini justru banyak menemukan kenyataan yang tidak sesuai dengan yang dia kehendaki. Dia pun mengalami banyak kesulitan ketika lawan politiknya mengetahui keberadaannya. Tidak hanya menyoroti konflik politik di Nangroe Aceh Darussalam, Arafut Nur juga memberikan humor-humor yang menjadi kejutan manis pada novel ini. Kejutan pun makin lengkap saat berada di bagian akhir ceritanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline