Lihat ke Halaman Asli

Eli Lusiyana

Guru Kimia SMA Negeri 4 Pekalongan

Best Practice Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi dan Dampak)

Diperbarui: 8 Desember 2022   04:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Best practice ini bertujuan meningkatkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Lembar Kerja Siswa (E-LKPD) pada materi konsep/pengertian laju reaksi. 

Latar Belakang dari best practice ini yakni minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran kimia masih rendah, berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan guru, peserta didik cenderung kurang antusias saat pembelajaran kimia terutama ketika di siang hari seperti mengobrol dengan teman sebangku, menggambar atau mencoret-coret hal yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran, meletakkan kepalanya di atas meja, pembelajaran yang diberikan oleh guru masih monoton, guru selalu menggunakan metode ceramah dalam setiap proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran yang belum tepat, guru masih belum dapat menyesuaikan media yang tepat, yang sesuai dengan karakteristik peserta didik danmateri yang akan diajarkan. Dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Lembar Kerja Siswa (E-LKPD) dapat mengatasi masalah tersebut pada proses pembelajaran kimia khususnya pada materi konsep/pengertian laju reaksi.

Semoga dengan adanya best practice ini dapat membantu bapak/ibu guru dalam mengatasi permasalahan yang sama selama proses pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline