Lihat ke Halaman Asli

eli kristanti

Guru Bahasa Inggris

Agama dan Kontestasi Politik

Diperbarui: 29 Maret 2023   21:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

CNN Indonesia

Seseorang yang awalnya hidup di daerah pedesaan terpencil, dan sekitarnya sunyi sepi, Dia akan menyesuaikan diri dengan kesunyian, ketekunan bekerja tanpa banyak interaksi dan sebagainya. Jika dia bertani maka komunitasnya mungkin adalah petani. Dan mungkin jika dia berpindah ke daerah yang lebih ramai dan banyak aktivitas , dia akan menyesuaikan diri juga.

Mungkin dia akan bergaul tidak hanya dengan sesama petani saja tapi  juga pedagang dan beberapa profesi yang berlainan. Maka orang itu akan belajar atau paling tidak saling belajar, lalu menyesuaikan diri. Semakin berbeda maka dia akan makin menyesuaikan diri juga. Mungkin penyesuaian diri dari soal ekonomi sampai politik.

Aristoteles pernah menyebut bahwa manusia adalah zoon politicon atau mahluk politik. Hakekatnya manusia membutuhkan banyak hal untuk mengaktualisasikan keinginan politiknya. Salah satu hal yang ada dalam politik adalah hasrat berkuasa atau kekuasaan. Sehingga dalam hidupnya, mungkin saja politik itulah yang menjadi motor atau semangat dalam hidup seseorang / manusia.

Hanya saja, politik rupanya tidak bisa dilihat secara sederhana. Kita bisa melihat ini ketika kita harus menghadapi pemilihan umum presiden (pilpres) tahun 2014 atau tahun 2018. Atau yang paling ekstrem adalah perhelatan politik pilkada DKI Jakarta yang melibatkan Suku, Agama, Ras dan Antar golongn (SARA) dalam mencari massa pendukung dalam meraih kekuasaan.

Kita bisa melihat pada masa itu, segala macam platform media dan mengandung SARA digunakan untuk meraih suara. Yang paling menyedihkan adalah dipakainya tempat ibadah menjadi sarana kampanye untuk kalangan tertentu dan memakai pendekatan agama. Tempat ibadah yang seharusnya bebas dari segala hal bersifat duniawi apalagi kekuasaan dipaksa terkotori karena ulah beberapa pihak yang memakai pendekatan agama untuk meraih kemenangan sang calon penguasa.

Dampaknya memang menyedihkan. Generasi muda yang pada zaman itu masih sangat muda menjadi terbiasa dengan fenomena itu. Sehingga caci maki menjadi hal yang biasa mereka dengarkan.

Saat ini kita berada di masa dimana kita juga menghadapi kontestasi pilpres dan pilkada  beberapa belas bulan mendatang. Tentu kia tidak bisa mengulangi kesalahan seperti yang saya sebut di atas. Ke depan kita jangan sampai memakai SARA hanya untuk mendulang suara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline