Lihat ke Halaman Asli

eli kristanti

Guru Bahasa Inggris

Kita dan Rumah Besar Bernama Indonesia

Diperbarui: 18 Maret 2023   18:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kabar 24

Kita semua tentu tahu dan punya rumah bukan? Entah rumah itu dimiliki dengan cara mencicil, membayar cash, maupun rumah bersama ibu dari suami alias bersama mertua atau bersama orangtua kita sendiri. Singkat kata, kita punya tempat untuk kembali setelah seharian bekerja atau bepergian.

Setiap orang tentu saja tidak akan menghindari jika dia bisa pulang ke rumahnya itu. Malah dia ingin sesering mungkin dia akan kembali ke rumah; tempat dimana dia merasa aman dan nyaman berkumpul bersama keluarga.

Memang ada beberapa kasus seorang anak tidak mau kembali pulang, hanya saja mungkin dia punya alasan yang sangat personal untuk itu. Dan mungkin saja sikap itu tidak berlangsung lama.

Seperti halnya rumah yang nyaman, Indonesia adalah rumah besar bagi kita semua warganya. Kita tak akan mau terlalu lama meninggalkan rumah yang diberi anugerah untuk hangat sepanjang tahun. Tak ada badai salju yang menghempaskan meeka atau mobil mereka di jalanan. Flora dan fauna sangat melimpah sehingga kitab isa memetic dan memasaknya sepanjang yang kita bisa.

Indonesia adalah rumah yang sangat nyaman bagi orang yang paham bagamana hidup dengan kelaparan panjang ketika musim dingin tiba. Indonesia juga tempat yang sangat nyaman bagi turis yang sering melancong. Mereka akan mendapatkan kehangatan dan keramahan dari berbagai sudut tempat di Indonesia.

Hanya saja sayang, ada beberapa kelompok yang mengingkari kenyataan itu. Mereka lebih memilih ingin berpisah dengan rumah besar ini.

Ini yang dilakukan oleh beberapa kelompok separatis terutama Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang beroperasi di Papua. Papua merupakan tempat indah yang menurut mereka sudah "tergadai" /sudah diadai oleh pemerinta Indonesia melalu berbagai kebijakan soal Papua.

Padahal dari sebuah kesaksian mantan bawahan KKB bernama Boni Telenggen berkisah bahwa semasa dia bergabung dengan kelompok separatis ini, dia tidak merasa tenang menjalami hidup.

Pria asal Kampung Kulirik, Distrik Muara, Kabupaten Puncak Jaya, Papua ini tobat dan kembali ke pangkuan NKRI pada pada tahun 2016. Siapa sangka mantan angggota separatis yang menamakan mereka sebaai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) kini malah bersahabat dengan pasukan gabungan TNI Polri yang dulu menjadi musuh bebuyutan.

Boni menyatakan bahwa dia memilih keluar dari KKB karena selalu diliputi rasa khawatir, karena selama berjuang mereka beroindah-indah tempat dan merasa khawatir. Tapi syukurlah, Boni kini isnyaf dan kembali ke rumah besar bernama Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline