Industri fesyen merupakan salah satu sektor yang paling berubah dan beragam di dunia, dengan persaingan yang semakin ketat. Dalam menghadapi tantangan ini, kolaborasi dengan selebriti ternama sebagai brand ambassador telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif bagi merek-merek fesyen. Dalam blog ini, akan dibahas tentang strategi yang diimplementasikan oleh perusahaan fesyen ternama, Scarlet, dalam mendapatkan brand ambassador dari Korea untuk meningkatkan hasil penjualan mereka dan memperkuat citra merek di pasar internasional.
Scarlett Whitening merupakan salah satu produk perawatan kecantikan yang berasal dari Indonesia. Scarlett Whitening sendiri baru didirikan pada tahun 2017 oleh Felicya. Scarrlett merupakan produk beauty care yang terdiri dari body lotion, scrub, lulur, serum, krim dan mash banyak lagi dengan berbagai varian. Sebagai produk lokal yang mendunia scarlett mulai merambah ke pasar internasional. ya, bukan hanya di Indonesia, Korea Selatan sebagai surganya oppa-oppa juga ikut andil dalam membesarkan produk asal Indonesa ini.Melui keja samanya dengan EXO grup bend asala korea
EXO merupakan salah satu grup band yang berasal dari korea yang di ajak kaloborasi oleh scarlet, grup exo merupakan grup band yang banyak di gemari di indonesia grup yang beranggotakan 9 orang ini bukan pertamakalinya menjadi brand ambasador produk indonesia tetapi dengan mengaet grup band exo membuat scarlet mendapatkan peningkatan penjualan karna bekerjasama dengan exo. Ini membuktikan bahwa menggaet grup band EXO ini memiliki banayak keuntungan bagi scarlet. baik meningkatkan penjualan, keuntungan, ataupu meningkatkan popularitas nama produk scarlet.
- Produk, Produk yang di tawarkan scarlet sangatlah banyak baik itu body lotion, scrub, lulur, serum, dan krim. Dengan bekerjasama dengan EXO scarlet membuat mini card yang bergambarkan anggota EXO. Dimana mini card ini bisa di dapatkan oleh pelanggan seri scarlet dengan membeli paketan produk scarlet.
- Harga, Banyaknya produk kecantika membuat produk scarlet memberikan harga yang standar untuk pelanggan. Scarlet mematok semua harga produknya dengan RP. 75.000 per 1 item.
- Tempat, Sekarang ini tempat pemasaran produk itu sangat lah penting. Kini scarlet banya melakukan penjualan secara online di flatform seperti: Shopee dan , Tiktokshop.
- Promosi, Promosi online adalah strategi yang sangat penting dalam memasarkan produk di era digital ini . produk sckarlet ini memanfaatkan digital ini dengan menjual di beberapa flatfrom seperti shopee dan tiktokshop. Untuk sekarang scarlet sedang fokus penjualan di tiktokshop denga metode live. Metode ini yang memebuat pelanggan banyak berinteraksi dengan penjual produk baik tentang harga maupun tentang pemakaian produk dari scarlet, selain bermanfaaat bagi pelanggan metode live tiktok ini memberikan banyak manfaat contohnya seperti meluasnya penjualan karna bisa di jangkau oleh banyak orang, meningkatnya penjualan dan meningkatanya omset scarlet.
- People, Sasaran dari produk scarlet adalah semua kalangan kecuali anak usia dibawah 10 tahun. Tetapi dengan bekerjasama scarlet dengan EXO bertujuan untuk para remaja penggemar kpop korea EXO, dimana ketika mereka membeli skincare mereka mendapat benevit berupa mini card foto anggota EXO.
- Proses, Produk yang dipasarkan untuk perawatan kulit yang mudah digunakan dan terjangkau. Produk ini pun telah terdaftar di BPOM dan diproduksi oleh perusahaan yang telah memiliki sertifikasi Good Manufacturing Practices atau Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik. Proses produksinya dilengkapi dengan mesin modern dan sumber daya manusia yang kompeten untuk memastikan setiap produk Scarlett aman dan memiliki jaminan kualitas yang tinggi untuk berbagai tipe kulit.
- Physical Evidence (Bukti Fisik), Bukti pisik penjualan produk scarlet yang bekrjasama dengan EXO adalah sebagai berikut
Di masa depan, Scarlet dan merek fesyen lainnya diharapkan akan terus mengadopsi strategi ini untuk mencapai kesuksesan di pasar yang semakin kompetitif dan global. Dengan terus mencari kolaborasi dengan selebriti ternama dari Korea dan negara-negara lainnya, merek dapat memperkuat citra merek mereka, meningkatkan penjualan, dan meraih sukses di tingkat global.
Dampak Kolaborasi pada Hasil Penjualan:
- Kolaborasi dengan grup K-pop yang populer dapat meningkatkan kesadaran merek di kalangan penggemar K-pop, yang merupakan pasar yang sangat besar dan berdedikasi tinggi.
- Kolaborasi dapat mendorong penjualan produk yang terkait dengan K-pop atau dengan merek yang terlibat dalam kolaborasi.
- Dengan adanya peningkatan penjualan, perusahaan yang terlibat dalam kolaborasi dapat mengalami peningkatan pendapatan dan keuntungan.
- Keberhasilan kolaborasi dalam meningkatkan penjualan dan popularitas bisa memiliki dampak jangka panjang pada merek dan produk yang terlibat
Menyimpulkan pentingnya strategi Scarlet dalam menggaet brand ambassador dari Korea sebagai sarana untuk meningkatkan hasil penjualan dan memperkuat citra merek mereka di pasar internasional. Memberikan potensi pengembangan dan dampak positif yang dapat dicapai oleh merek fesyen lainnya dengan mengadopsi strategi serupa. Dengan memahami strategi yang telah diimplementasikan oleh Scarlet, pembaca dapat memperoleh wawasan tentang pentingnya kolaborasi dengan selebriti ternama untuk mencapai kesuksesan di industri fesyen yang kompetitif
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H