Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Pemahaman Psikologi Pendidikan untuk Memperbaiki Kualitas Pembelajaran di Sekolah

Diperbarui: 5 Mei 2024   21:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sistem pendidikan di Indonesia pada masa ini menghadapi berbagai macam tantangan, antara lain yaitu rendahnya motivasi siswa untuk belajar, kesulitan dalam mengelola kelas yang beragam, hingga permasalahan psikologis yang dapat menghambat prestasi belajar siswa. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, perlu adanya pemahaman terkait psikologi pendidikan bagi para pendidik dan penanggung jawab kepentingan di bidang pendidikan.

Psikologi pendidikan merupakan cabang ilmu psikologi yang berpusat pada memahami proses belajar, perkembangan, dan perilaku siswa dalam konteks pendidikan. Salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah adalah dengan memahami aspek psikologi dalam pembelajaran. 

Memahami perbedaan gaya belajar siswa karena setiap siswa memiliki kemampuan belajar yang berbeda beda. Ada berbagai macam gaya belajar yaitu melalui visual, audio, kinestetik, atau kombinasi dari ketiganya. Dengan memahami gaya belajar siswa, pendidik dapat menentukan gaya belajar mana yang sesuai dengan setiap siswa dan metode pembelajaran yang seperti apa yang dapat memenuhi kebutuhan siswa.

Meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi berbagai aspek psikologis, yaitu seperti kebutuhan, minat, dan pandangan diri. Pendidik yang paham dengan dinamika motivasi belajar tentu dapat merancang strategi pembelajaran yang dapat memunculkan motivasi dari dalam diri siswa maupun dari luar diri. Hal tersebut akan mendorong keikutsertaan siswa dalam proses belajar.

Mengelola stres dan kecemasan akademik. Rasa stres dan cemas pada siswa dapat berdampak negatif terhadap prestasi belajar mereka. Pemahaman tentang penyebab, gejala, dan akibat stres serta rasa cemas dapat memungkinkan pendidik untuk menggunakan teknik pengelolaan stres dan rasa cemas yang efektif, baik bagi individu maupun kelas. 

Membangun interaksi positif antara pendidik dan siswa. Interaksi yang baik antara pendidik dan siswa menjadi faktor yang berarti dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Pendidik dapat membuat interaksi positif dan suportif dengan siswa jika mampu memahami prinsip psikologi dalam komunikasi dan manajemen kelas.

Pemahaman terkait psikologi pendidikan memberikan landasan bagi pendidik untuk menciptakan dan menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selain itu, dengan memahami bidang psikologi pendidikan akan dapat menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan memaksimalkan bakat yang dimiliki oleh siswa.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline