PPGP angkatan 5 kali ini sudah sampai pada modul 2.1.a.8 koneksi antar materi, dimana adanya benang merah antara modul 1.1.a pemikiran filosofi KHD, 1.2.a nilai dan peran guru penggerah, 1.3.a visi guru penggerak, 1.4.a budaya positif dan 2.1.a pembelajaran berdiferensiasi.
Pembelajaran berdiferensiasi yang bisa saya simpulkan adalah pembelajaran yang didasari dari keberagaman peserta didik mulai dari karakterisitik peserta didik itu sendiri sampai dengan lingkungan tumbuh dan berkembangnya mereka.
Dari keberagaman itu menjadi tantangan untuk pendidik dapat memberikan kebutuhan-kebutuhan belajar murid selama pembelajaran di kelas maupun di sekolah. Adapun kebutuhan belajar dapat dilihat dari 3 aspek yaitu
- kesiapan belajar
- minat belajar
- profil belajar
Ketiga aspek itu sesuai dengan pernyataan KHD yang telah disampaikan bahwa pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia maupun anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. sebagai pendidik kita menyadari bahwa mereka unik dan memiliki kodratnya masing-masing.
Pembelajaran haruslah dapat memiliki nilai-nilai seperti kreatif, kolaboratif, mandiri, berpihak pada murid. Selain itu suasana lingkungan sekolah yang positif juga menunjang terciptanya pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.
Untuk lebih lanjut saya coba rangkum menggunakan infografis berikut.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat
Salam Guru Penggerak
Tergerak, Bergerak, Menggerakkan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H