Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Kualitas Guru dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Solo Raya

Diperbarui: 26 Februari 2024   21:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Peningkatan Kualitas Guru dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling ini sangat dibutuhkan oleh siswa, maka setiap tingkat pendidikan dasar dan menengah perlu melaksanakan kegiatan layanan bimbingan dan konseling secara profesional. Meskipun sampai sekarang masih belum banyak sekolah yang mendirikan bimbingan dan konseling sebagai suatu lembaga khusus unntuk memberikan layanan bagi siswa di sekolah dasar. Jika dilihat sekarang ini bnayak banyak sekali permasalahn yang muncul di sekolah yang memerlukan penangan khusus, seperti kasus pelecehan seksual, bulyying, dan narkoba. Jadi sebagai seorang guru sangat penting dalam memahami permasalahan yang ada pada diri anak usia SD. 

Karena pada anak usia SD mempunyai beberapa tugas yang juga sesuai dengan proses perkembangan pada diri mereka. Apabila perkembangan yang dibutuhkan pada diri anak tidak terpenuhi secara keseluruhan maka dapat menimbukan permasalahan pada diri anak. Contoh permasalahan yang sering muncul diantaranya : perkembangan jasmani dan kesehatan, keadaan lingkungan, keadaan pribadi, moral agama, keadaan rumah dan keluarga, masa depan pendidikan, dan penyesuaian tugas-tugas di sekolah.

Tugas Guru dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling diantaranya yaitu : mendidik dan membimbing semua siswanya termasuk mengendalikan siswa yang misbehavior. Perilaku buruk pada siswa di sekolah baik yang berat aupun yang ringan harus menjadi perhatian bagi seorang guru, karena hal ini akan mengganggu proses belajar mengajar di dalam kelas. Perilaku buruk ini dapat dimotivasi untuk memenuhi kebutuhan psikologi pada anak, yaitu : menentukan nasib sendiri, kompetensi, dan jalinan hubungan. Selain itu




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline