Lihat ke Halaman Asli

Evangelisasi dalam Budaya Asmat

Diperbarui: 7 Maret 2023   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Prinsip Kolegialitas dan Subsidiaritas Dalam Sistim Kepemimpinan Wair

Kepemimpinan Wair dalam Budaya Asmat (Wilyah Paroki Ayam)

Dalam budaya Asmat, struktur dan jabatan yang menggerakkan seluruh kehidupan masyarakat disebut dengan Wair atau Wayir. Wair adalah sekelompok orang yang bersal dari setiap marga, yang dipercayakan untuk menjadi pemimpin dalam masyarakat. Secara lebih spesifik Wair dapat dikatakan sebagai tungku api utama dalam rumah adat atau Jew. Di sini orang-orang yang dianggap mampu digabungakan dalam satu kelompok khusus yang bertanggungjawab dalam memelihara, mengatur dan menjalankan setiap kehidupan, ritual, dan upacara dalam suku tersebut.

Kepemimpinan Wair dalam budaya Asmat terbagi dalam dua kategori, yakni yang umum dan yang khusus. Ketegori umum berarti bahwa setiap pribadi dalam masyarakat memiliki hak dan potensi untuk menjadi pemimpin. Sementara kategori khusus berarti setiap pribadi yang cakap dan kompeten dalam segi-segi tertentu, yang diberi taunggungjawab dalam kelompok khusus Wair.

Kategori umum kepemimpinan dalam budaya Asmat terdiri dari tiga kelompok. Pertama, "Ow Ducur Ow", yang berarti manusia yang telah dewasa, dan yang telah berkeluarga. Kedewasaan ini tidak hanya dilihat dari segi usia tetapi juga kemampuan lainnya, seperti berburu, membuat rumah, membuat perahu, dan lain sebagainya. Kedua, "Ow Manmok Ow", artinya orang dewasa atau orang tua yang telah teruji dan terpercaya dalam hal keberanian, kebijaksanaan, ketegasan, keuletan, semangat yang tinggi, taat dan setia, adil dan jujur. Ketiga, "Ow Ducur Os", yang berarti orang dewasa yang cakap dalam hal aturan-aturan budaya dan adat, ketentuan moral yang baik.

Secara khusus, dalam kategori umum di atas, ada pribadi-pribadi yang dianggap mampu dan diberi kepercayaan dalam melaksanakan tugas kepemimpinan dalam budaya Asmat. Dalam kategori "Ow Manmok Ow", terdapat pribadi-pribadi yang dapat disebut para pemegang adat. Diantaranya "Ducuripitsj".

Yaitu orang yang mempunyai keprihatinan tinggi terhadap orang lain dan bersikap kebapaan, "Atakambenakipitsj", yakni orang yang mempunyai kemampuan dalam menyampaikan suatu maksud terdalam demi kepentingan hidup bersama. Selain itu ada juga "Jee Aramatipitsj", yaitu orang yang selalu memperhatikan rumah adat atau Jew, "Jouse Aramatipitsj", yakni orang-orang yang menjadi pemilik tungku api dalam Jew, "Ow Betiw Ow", yakni orang dewasa yang menunjukkan keramahtamahan, bijaksana, dan menjadi panutan yang baik.

Dalam kategori khusus ada sekelompok pemimpin yang bertanggungjawab di sekitar "Ow Cessesema Ow", yang berarti para pemimpin perang. Diantaranya ada kelompok "Aices Ow", yakni orang yang berada di barisan depan ketika ada peperangan, "Cessemaipitsj", yaitu mereka yang menjadi komandan, dan sebagai penyusun strategi perang. "Cesscuipitsj", yakni orang-orang yang mempunyai keahlian dalam membangun pemukiman baru bagi masyarakat, "Cisiipitsj", ialah mereka yang mempunya keahlian khusus dalam membuat perahu, "Wowipitsj" yaitu mereka yang mahir dalam kegiatan mengukir, dan pekerjaan yang menggunakan kayu.

"Tareyatakamipitsj", yakni orang yang mengetahui mitos-mito dalam budaya dan bertanggungjawab untuk menceritakannya kepada anak-anak muda, "Emsobenakipitsj", ialah orang yang mahir dan bertugas untuk menabuh tifa dan berjiwa penyanyi, dan "Juuipitsj" ialah orang-orang yang bertugas untuk memberi semangat kepada masyarakat.

Unsur-unsur pemimpin dalam kategori "Os Ducur Os". "Wurpokautipitsj" yaitu orang yang mempunyai jiwa sosial tinggi dalam memperhatikan kesejahteraan bersama, "Seybenakipitsj" yaitu orang yang jujur, terampil dan cekatan dalam membagikan bahan kebutuhan hidup, "Irampipitsj" dan "Iramfeipitsj" "Ow Awoworomtauwipitsj" ialah mereka yang memiliki kemampuan dalam mengobati orang yang sakit, biasa maupun yang sakit karena roh-roh. "Aramatipitsj" ialah orang tua yang dewasa secara mental dan pikiran, "Arowpokipitsj" yakni mereka yang memiliki ilmu gaib yang dapat membahayakan orang lain.

Kelompok pemimpin dalam kategori "Ow Ducur Ow". "Wairipitsj atau Wowotcipitsj" ialah mereka yang menjadi penegah dalam komunikasi dan relasi yang dikembangakan, "Jiiatakamipitsj", yakni mereka yang sejak kecil mendengarkan berbagai cerita adat dan mitos-mitos dan kemudian meneruskannya kembali kepada generasi muda dalam upacara adat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline