Lihat ke Halaman Asli

Elia Rahmah

Mahasiswa

Pendaftaran KPPS Pemilu 2024, Benarkah Kekurangan Peminat?

Diperbarui: 21 Februari 2024   03:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KPPS kepanjangan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang di bentuk oleh PPS untuk melaksanakan pemungutan suara dan mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat. KPPS dibarengi dengan adanya pemilihan umum yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. 

Menurut Arief, sebanyak 894 petugas meninggal dunia dan 5.175 petugas mengalami sakit pada pemilu tahun 2019. Tragedi yang pernah terjadi, nampaknya tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk menjadi bagian dari KPPS daerahnya terlebih mahasiswa seperti saya. Banyaknya peminat menyebabkan terjadinya seleksi secara ketat yang dilakukan oleh PPS (Penyelenggara Pemungutan Suara) tingkat desa. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari desa maupun pihak kesehatan mengatakan bahwasanya banyak warga maupun mahasiswa yang sudah melakukan pendaftaran dan membuat surat kesehatan sebagai salah satu syarat menjadi anggota KPPS pemilu 2024. 

Menjadi bagian dari KPPS ternyata mendapatkan honor yang tidak sedikit. Gaji seorang KPPS meningkat dari taun sebelumnya. Hal tersebut bisa menjadi praduga tetap eksisnya KPPS walaupun terjadi tragedi yang tidak mengenakan di pemilihan umum sebelumnya. 

Sebetulnya saya pribadi tidak mengetahui seleksi yang dilakukan seperti apa karena saya bersama beberapa mahasiswa pendaftar lainnya yang dikenal hanya seorang mahasiswa yang gagal menjadi bagian dari anggota KPPS Pemilu 2024. 

Pendaftaran KPPS untuk pemilu 2024 ini dibuka dari tanggal 11 hingga 20 Desember 2023 kemarin. Awalnya kami di beri informasi  digrup whatsapp perumahan bahwasanya akan ada pendaftaran KPPS dan diminta untuk isi list yang berminat menjadi bagian dari kpps untuk 2 RW di perumahan kami serta mengisi dan melengkapi berkas yang diperlukan. I think, tidak ada seleksi karena diminta list tersebut. Namun, saya baru mengetahui fakta bahwa ada seleksi tersendiri untuk kpps ini. 

Berikut beberapa syarat yang diperlukan 

1. Foto Copy Ijazah pendidikan terakhir 

2. Surat keterangan sehat dari rumah sakit/puskesmas dan sejenisnya 

3. Foto 4x3 (2 lembar) 

4. Foto 4x6 (2 lembar) 

5. Foto copy KTP 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline