Lihat ke Halaman Asli

Elia Kurniawati

Elia Kurniawati

Praktek Membuat Pie Strawberry sebagai Inovasi Olahan Baru

Diperbarui: 5 Januari 2022   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

     Desa Pandanejo, Kec. Bumiaji, Kota batu adalah salah satu desa yang terkenal dengan penghasil strawberry yang ada di kota Batu. Lumbung Strawberry adalah salah satu tempat wisata petik strawberry yang terkenal dan letaknya berada Desa Pandanrejo. Dalam Lumbung Strawberry ini juga mewadahi tempat bagi ibu -- ibu KWT Melati Putri untuk menitipkan produk yang mereka hasilkan. Ibu -- Ibu KWT Melati Putri adalah suatu Kelompok Wanita Tani yang berada di Desa Pandanrejo khususnya di Dusun Pandan yang mana kelompok ini melakukan kegiatan menanam strawberry yang mana hasil panennya akan dijual secara fresh dan juga berupa beberapa olahan. Ketua KWT Melati Putri mengatakan bahwa produk -- produk olahan mereka sudah laku terjual bahkan sampai ke luar kota. Adapun olahan yang telah rutin diproduksi dan dipasarkan adalah minuman sari buah strawberry dan juga selai strawberry yang mana ini juga akan menjadi salah satu ciri khas dari desa Pandanrejo. Selain itu ada inovasi produk olahan yang mungkin belum diproduksi rutin oleh ibu-ibu KWT ini adalah The Celup Strawberry.

dokpri

     Oleh karena itu mahasiswa MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang pada Desa Pandanrejo ingin memberikan inovasi baru yang mungkin akan bisa diproduksi oleh ibu ibu KWT yaitu olahan berupa PIE Strawberry. Pie Strawberry adalah inovasi yang diharapkan akan memberi suatu ide atas produk olahan baru dari buah strawberry yang mana mampu memberikan peluang untuk ibu -- ibu untuk memasarkan jajanan tersebut dan juga bisa menjadi salah satu ciri khas atau mungkin oleh -- oleh khas desa Pandanrejo.

dokpri

     Praktek memasak dan pemberian resep olahan pie strawberry kepada ibu -- ibu KWT Melati Putri dilaksanakan pada hari Rabu yang mana saat itu juga dilaksanakan kumpul rutin yang bertempat dirumah salah satu anggota KWT Melati Putri. Mahasiswa MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang dalam acara ini menghadirkan pemateri yang mana akan memberikan pengarahan bagaimana tahapan dan juga bahan yang digunakan dalam pembuatan pie strawberry ini. Selain itu Mahasiswa MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang memeberikan sosialisasi kepada ibu -- ibu KWT terkait dana yang digunakan dan juga penentuan HPP dalam penjuaalan pie strawberry ini.

dokpri

                Kegiatan pembuatan Pie Strawberry ini berlangsung sangat lancar dan disambut sangat antusias oleh ibu -- ibu anggota KWT Melati Putri. Bahkan pertanyaan terkait inovasi pie strawberry ini banyak dilontarkan karena mereka yang mungkin tertarik akan inovasi baru yang diberikan. Ibu -- Ibu KWT juga mulai diskusi terkait kapan dan dimana mereka akan merealisasikan resep yang diberikan.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline