Lihat ke Halaman Asli

Eli juliana

mahasiswa

Pendidikan Anak di Usia Dini

Diperbarui: 16 Mei 2023   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Anak usia dini memiliki kekhususan yang berbeda dengan orang dewasa. Mereka bukanlah miniatur dari orang dewasa sehingga harus dipahami dengan segala yang
menjadi kebutuhannya. Usia dini seringkali disebut sebagai masa golden age.

Sebab pada masa ini perkembangan otak anak terjadi dengan sangat pesat yang mencapai 50% -80% dari keseluruhan perkembangan usia selama hidupnya.5Anak usia dini berdasarkan UU Sisdiknas nomor 20 tahun 2003, adalah anak yang memiliki usia 0-6 yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini merupakan masa peletakkandasar merupakan masa peka bagi anak, di manaanak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi anak. 

Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi psikis dan fisik yang siap merespon stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak adalah kegiatan bermain. Sebab melalui Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan berkaitan dengan agar otak berkembang dengan pesat, termasuk memastikan lingkungan yang kegiatan bermain anak dapat mengembangkan berbagai kemampuannya dengan kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Selain itu usia PAUD pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama.6 baik. Sebagaimana yang disampaikan oleh Shoba Dewey Cughani bahwa tahun. Oleh sebab itu pada usia tersebut anak memerlukan rangsangan/stimulus berkembangnya berbagai kemampuan anak adalah sebuah proses.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline