Lihat ke Halaman Asli

Eli Safitri

Head Kitchen

Ketua BEM UI dan Sejumlah Mahasiswa Demo Terkait Mahalnya Biaya UKT Universitas Indonesia

Diperbarui: 1 Juli 2023   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar TikTok BEM Fisip UI 

Sejumlah mahasiswa UI atau Universitas Indonesia banyak yang mengeluh terkait mahalnya ukt semester yang diterimanya. Demo yang di ketua oleh Bem UI ( Badan Eksekutif Mahasiswa ) mengancam mendobrak pintu rektor UI karena tingginya UKT untik Maba. 

Melki Sedek Huang sebagai ketua bem UI ada sekitar 800 Maba jalur seleksi nasional prestasi ( SNBP ) di kenai UKT 20 juta per semester hal ini sempet diajukan menurunan oleh para Maba tetapi masih di angkat ratusan juta rupiah. 

BEM UI bersuara agar Ari Kuncoro (Rektor UI ) untuk segera muncul dalam rentang waktu 7 hari, terhitung dari demonstrasi yang dilakukan pada hari ini. Jika tak muncul, BEM UI mengancam akan melakukan aksi lebih besar lagi.

Jika masih saja dicuekin, ketua BEM UI akan mendobrak pintu Rektor dam BEM UI juga berharap agar membuka dialog untuk menyelesaikan masalah ini.  

Dikutip dari laman TikTok ketua BEM UI menjelaskan secara detail @melkisedakhuang. " Jadi ini bermula ketika rektor menerbitkan SK Rektor tentang biaya pendidikan UI yang terbaru di awal 2023, sk rektor ini dibuat amat tidak transparan" melki menyebut bahwa Rektor UI tidak pernah melibatkan Mahasiswa dan mengajak diskusi terkait Biaya UKT. 

Dengan adanya SK terbaru maka biaya yang dikenakan kepada Maba saat ini jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya. Mahasiswa baru bisa dikenakan 20 sampai 15 juta persemester. Banyak orangtua dari mahasiswa keberatan dengan biayanya...dan sejumlah warganet juga banyak mengomentarin UKT UI tersebut: 

@chocolate "Astaga 20juta, udah kaya masuk sma swasta aja, massa setiap 6 bulan sekali mahasiswa haris bayar segitu. 

Dan masih banyak lagi komentar komentar lainnya. 

Jadi seharusnya jika mahasiswa jalur prestasi sebaiknya ada keringanan biaya untuk bisa melanjutkan kuliahnya, tetapi ini justru terbalik malah memberatkan mahasiswa. 

Bagaimana komentar anda terkait UKT UI? 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline