Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UPI bersama Pemuda Dusun Pasarean Sukses Menyelenggarakan Malam Puncak 17 Agustus

Diperbarui: 22 Agustus 2023   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

SUMEDANG-Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki banyak program kerja yang dilaksakanan untuk membangun dan memberdayakan desa. Selain melaksanakan berbagai program kerja, mahasiswa tentunya harus dapat beradaptasi dengan masyarakat termasuk dengan pemuda pemudi di desa setempat.

Mahasiswa KKN Kelompok 3 yang terdiri dari Elhana Theodora Simanungkalit, Febby Anggraeni Rochmah, dan Nanda Hanastasyia bersama Pemuda Pemudi Ceria Dusun Pasarean Desa Margamukti sukses menyelenggarakan acara malam puncak 17 Agustus. Adapun tujuan acara ini diselenggarakan yakni untuk mengenang sejarah perjuangan Indonesia, menghargai nilai-nilai luhur bangsa dan keberagamannya melalui berbagai pertunjukkan seni tradisional serta untuk meningkatkan rasa kebersamaan seluruh masyarakat di desa tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan RT 03/RW 02 selama 2 hari yaitu hari sabtu dan minggu tanggal 19-20 Agustus 2023, dimulai pukul 15.30 WIB hingga selesai. Acara diawali dengan kegiatan senam, pembagian hadiah perlombaan, serta pengecekan kesehatan gratis berupa pemeriksaan tekanan darah oleh mahasiswa KKN. Kemudian pada malam puncak acara, ditampilkan berbagai karya seni masyarakat berupa pertunjukan tari tradisional/modern dan menyanyi yang diikuti oleh semua kalangan baik anak-anak, remaja, hingga lansia (19/08/2023).

Dokpri

Dokpri

“Acara yang luar biasa, sesuai dengan harapan. Berjalan dengan meriah, aman dan lancar. Banyak sekali antusiasme warga masyarakat untuk menampilkan karya karyanya. Semoga di tahun 2024 ada yang bisa melanjutkan tongkat estafet acara ini, yang jauh lebih baik dari saya” Ujar penanggung jawab acara malam puncak 17 Agustus, Drajat Gumilar Pratama, S.Pd.

“Alhamdulilah acara puncak Hut ke-78 RI sangat meriah dan seluruh warga Pasarean sangat antusias dan berpartisipasi dengan acara ini seluruh warga menyajikan kreativitasnya. Terima kasih juga kepada mahasiswa KKN yang sudah berkerja sama dengan kami” Ujar ketua pelaksana acara malam puncak 17 Agustus, Muhammad Thorik Alfarisi.

Selain acara malam puncak, Pemuda Pemudi Ceria Dusun Pasarean bersama mahasiswa kelompok 3 KKN UPI juga mengadakan jalan santai dengan rute perjalanan mulai dari Masjid At-Taqwa, Kelapa Dua, hingga Panyindangan. Setelah jalan santai, dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis berupa pemeriksaan tekanan darah dan gula darah oleh mahasiswa KKN UPI kelompok 3. Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini juga diselingi dengan pembagian doorprize serta penampilan dari masyarakat RT 03/RW 02 Dusun Pasarean (20/08/2023).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline