Lihat ke Halaman Asli

Stop Exploitasi Wanita Untuk Marketing

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Stop Exploitasi Wanita Untuk Marketing

Siapa bilang ’hanya wanita sexy’ yang dapat mendatangkan pembeli paling optimal. Teori mana pula yang ‘mewajibkan’ penampilan Wanita ‘Mulus’ dengan rok mini dalam setiap expo.

Dalam Strategi Marketing Modern, atau yang sering disebut sebagai New Wave Marketing, dunia pemasaran dituntut untuk lebih ekpressif, unik dan berkualitas.

Tidak melulu mengandalkan iklan, wanita cantik dan..eksploitasi, baik anak ataupun ’maaf’ ukuran perut kebawah.

Tidak percaya…..

Mari kita tengok Indonesia International Motor Show (IIMS). Disana disajikan nuansa lain dalam berpameran. Para produsen berkompetisi meraih jumlah pengunjung sebanyak-banyaknya dan menarik minat pembali seoptimal mungkin.

Cewek sexy dalam counter display…? Itu pasti. Senyum manis SPG dengan pakaian minim, juga tak ketinggalan. Namun yang menarik, sebagian (untuk tidak menyebut sebagian besar) pengunjung justru tertarik dengan metode pemasaran yang tergolong unik. Diantaranya :

Lomba Puzzle

Stand GT Radial juga mempromosikan produknya dengan memainkan game ala GT Radial. Setiap pengunjung yang berminat diberikan kesempatan untuk menyusun puzzle bergambar Ban GT Radial. Yang berhasil akan mendapatkan souvenir khusus berupa topi cantik GT Radial dan alat tulis. Kalaupun gagal, masih ada souvenir harapan lainnya.

Body painting

GT Radial adalah konseptornya. Dalam pameran kali ini mereka membuat schedule yang mampu menyedot pengunjung dalam jumlah besar. Tak tanggung-tanggung, mayoritas pengunjung yang baru memasuki arena menyempatkan diri untuk mampir ke Stan GT-Radial. Selain lokasinya persis di depan pintu masuk, mereka juga menampilkan Live Event of Body Painting. Dua wanita cantik ‘hanya’ dengan pakaian dalam berdiri santai diatas panggung, sementara empat orang painter melakukan proses body painting di tubuh mereka. Yang menarik lagi, Manajemen GT Radial membolehkan pengunjung untuk mengabadikan proses tsb secara langung tanpa halangan, termasuk meng-close up model wanitanya.

Selain Body Painting,

Display Mewah

Mazda memanfaat keunggulan konsep kemewahannya dengan menampilkan display yang mencolok. Satu unit mobil masa depan bertenaga battery/alektrik di ‘pajang’ di tengah Counter dan membiarkan pengunjung mengabadikan bahkan berpose bersama si ‘Merah’

Selain itu, mereka juga memberikan ruang public, dengan menyusun kursi-kursi santai untuk sekedar menikmati pameran ala Mazda.

Fashion Show.

Hehehe….tertarik.

Beberapa model papan atas memperagakan bagaimana menggunakan kendaraan buatan Mitsubishi Motor. Puluhan model, pria dan wanita berkolaborasi mempresentasikan life style mobil-mobil tsb yang dipandu oleh MC Ternama (Tessa Kaunang). Luar biasa, tanpa perlu bertanya panjang lebar pengunjung dapat mengetahui spesifikasi berbagai type kendaraan Mitsubihi Motor. Tentu saja, Live event ini juga menguntungkan buat para SPG (Sales Promotion Grils), dimana fungsi mereka hanya sebagai marketer yang menjemput bola, bukan lagi ‘berteriak’ menjabarkan produk berulang-ulang.

Kids Zone

Nah ini. Dapat dipastikan bahwa pengunjung pameran, including IIMS, yang datang pada hari Libur adalah mereka yang memanfaat moment tsb sebagai sarana rekreasi keluarga, disamping ada kepentingan lainnya. Tak pelak, rombongan keluargapun ikut bersamanya.

Manajemen Isuzu memahami betul masalah ini. Mereka menyiapkan ruang khusus keluarga, utamanya anak-anak (Kidz Zone), demi memudahkan pelanggan bertransaksi. …..ya..ya… banyak calon pembeli yang tertarik untuk sekedar bertanya dan meminta bantuan Customer Service untuk mencarikan kendaraan yang mereka impikan/inginkan dan tak terlalu khawatir dengan anak-anak mereka yang nyaman berada di Arena Bermain

Adakah keuntungan dari keunikan metode Promosi Tsb…??

Menurut Jerry Amran, Public Relation (PR) Mitsubishi Motor, kenaikan penjualan dengan Live Event Fashion Show sungguh menjanjikan dan sangat signifikan. Sejak tahun 2008 metode ini diberlakukan, Prosentasikan dan Nilai Penjualan Mitsubishi Motor dapat dikatakan meningkat dan dapat bersaing dengan produsen lain.

Anehnya, tidak ada satupun dari Pegawai Mitsubishi Motor yang mengikuti pelatihan Fashion Show ataupun marketing. Semua serba spontan, apa adanya saja.

Inikah yang disebut New Wave Marketing oleh Prof Hermawan Kertajaya?

New Wave Marketing adalah metode dimana Promosi & Penjualan dilakukan dengan cara yang berbeda, futuristic dan menggugah calon pelanggan dengan sisi keunikan tertentu

Wow…ternyata IIMS membuktikan bahwa Masyarakat Indonesia sudah sangat dewasa dan semakin cerdas. Dan marketing bukan melulu ‘exploitasi wanita’

Salam ukhuwah

elha

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline