Lihat ke Halaman Asli

Elgi

Your futur is created by what you do today, not tomorrow.

Menjadi Seorang Pemimpin

Diperbarui: 16 Desember 2021   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Menjadi pemimpin tentunya merupakan suatu hal yang sangat di mimpi mimpi kan oleh semua orang . Namun menjadi pemimpin itu tidak segampang seperti apa yang kita kira. Hanya penyuruh bawahan dan lain sebagainya, tidak bukan seperti itu. Tentunya menjadi pemimpin itu bukanlah perkara mudah, kita juga memiliki tanggung jawab yang besar yang harus kita pertanggung jawabkan, dalam setiap keputusan atau tindakan yang kita ambil. Dalam kesempatan kali ini, kita akan coba memberikan tips tips yang mungkin bisa temen temen aplikasikan dalam pekerjaan anda sebagai pemimpin. 

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memimpin para bawahannya mencapai suatu tujuan tertentu. Pemimpin yang mempunyai karisma akan memudahkan mengarahkan staf atau bawahannya. Menjadi seorang pemimpin harus berani untuk mengambil keputusan secara cermat dalam situasi yang kritis.

Beberapa hal yang harus anda miliki untuk menjadi seorang pemimpin:

1. Memiliki perencanaan yang sangat cermat dan juga kongkret.

Tentu memiliki perencanaan yang bagus dan cermat adalah faktor utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Karena perencanaan merupakan langkah kongkret yang pertama tama diambil dalam usaha untuk mencapai sebuah tujuan. 

Terus Bagaimana untuk mengetahui apakah rencana anda baik atau tidak?

Menurut George R. Terry cara mengetahui apakah perencanaan anda itu baik atau tidak dapat di jawab melalui pertanyaan dasar seperti (5W + 1 H) yaitu:

1. WHAT (apa)

"Pertanyataan what  terkait dengan apa tujuan sesungguhnya yang menjadi tujuan anda dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut."

2. WHY (Mengapa)

Pertanyaan seputar "WHY" terkait dengan seputar mengapa tujuan tersebut harus di capai dan mengapa kegiatan yang terumuskan dalam jawaban di atas WHAT "apa yang perlu di dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline