Lihat ke Halaman Asli

Elgamendrayeni

Pendidikan

Iman kepada Malaikat

Diperbarui: 20 Juni 2019   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamu'alaikum Kali ini saya bakal bahas tentang Iman kepada malaikat-malaikat Allah. 

Sebelum masuk ke materi kita, apakah teman-teman semua tau apa itu iman? Nah, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dan penjelasan tentang iman. Iman artinya yakin dan percaya. Dengan lebih terperinci, iman ialah diyakini dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dalam bentuk perbuatan. Jadi, jika ketiga poin tersebut belum terlaksanakan, maka kita belum bisa dikatakan beriman. Iman kepada malaikat-malaikat Allah adalah rukun iman yang ketiga. 

Sebagai umat islam kita wajib mengimani malaikat-malaikat Allah. Jumlah malaikat-malaikat Allah sangat banyak, tidak bisa kita hitung namun, ada 10 nama-nama malaikat Allah yang wajib kita ketahui. 10 nama-nama malaikat Allah : 1. Malaikat jibril Tugasnya menyampaikan wahyu 2. Malaikat mikail Tugasnya menurunkan rezeki 3. Israfil Tugasnya meniup sangkakala 4. Izrail Tugasnya mencabut nyawa 5. Nungkar Tugasnya menanyai manusia di dalam kubur 6. Nangkir Tugasnya menanyai manusia di dalam kubur 7. Raqib Tugasnya mencatat amal baik manusia 8. Atid Tugasnya mencatat amal buruk manusia 9. Malik Tugasnya menjaga pintu neraka 10.Ridwan Tugasnya menjaga pintu surga 

Demikianlah nama dan tugas malaikat-malaikat Allah yang wajib kita ketahui dan imani. Apa sih hikmahnya jika kita beriman kepada malaikat. Jika kita beriman kepada malaikat-malaikat Allah. Meyakini setiap tugas-tugasnya maka, kita akan senantiasa terjaga dari perbuatan buruk. Karna kita tau malaikat Atid akan mencatat setiap perbuatan buruk yang kita lakukan. Selain itu, kita juga akan berlomba-lomba dalam berbuat baik karna kita tau malaikat Raqib akan selalu ada untuk mencatat amal baik kita. Meningkatkan kedekatan kita kepada Allah juga kita dapati dengan beriman kepada malaikat-malaiktaNya dan masih banyak lagi hikmah positif yang kita dapati. Demikian lah pembahasan yang bisa saya berikan. Terimakasih. Semoga bermanfaat yaaa..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline