Lihat ke Halaman Asli

Elgamendrayeni

Pendidikan

Rahasia Bahagia dalam Menjalani Hidup

Diperbarui: 14 April 2019   06:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum, sahabat surga..

kalian semua pasti mempunyai berbagai macam cobaan dan kesulitan dalam hidup ini. Kodratnya, manusia tidak pernah luput dari masalah. Berbagai macam cobaan, kesedihan, kegagalan, selalu datang silih berganti. Sampai akhirnya, rasa kecewa, putus asa, dan  rasa sedih yang berkepanjangan datang pada diri kita. 

Sebelum saya memberikan rahasia bagaimana cara mencapai kebahagiaan dalam hidup ini di atas semua kesedihan dan cobaan , saya akan membahas dasar dari permasalahan ini terlebih dahulu. 

Akidah

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Ya, akidah. Akidah dapat diartikan sebagai ikatan manusia dengan Allah subhanallahu wata'ala. Allah mengikat hati manusia sesuai aturan-aturan Allah (Q.S Al-a'raf:172)

Lantas kalian pasti bertanya apa hubungannya akidah dengan kebahagiaan? Nah, disini saya akan memperjelas maksud dari akidah itu sendiri. Ketika definisi menyatakan bahwa akidah adalah suatu ikatan manusia dengan Allah, maka setiap manusia yang mengaku berakidah kepada Allah mempunyai hubungan dengan Allah. 

Hubungan tersebut diterapkan dalam bentuk ibadah. Tanpa ibadah maka tidak akan ada hubungan apa pun kepada Sang Maha Pencipta. Kembali mengingat, apa tujuan manusia diciptakan? Manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah, bukan? Semua yang terjadi pada kita sudah diatur oleh Allah. 

Ketika kita mempunyai begitu banyak masalah JANGAN SEDIH itu semua Allah yang telah tentukan. Tidak hanya kita di dunia ini yang mempunyai begitu banyak masalah. Allah beri tanda kita mampu (Q.S Al-baqarah :286) Tugas kita sebagai manusia berusaha (ikhtiar) dan berdo'a. 

Jika sudah berusaha keras, berdo'a, ibadah tidak tinggal, selalu memperbaiki diri, selalu melakukan kebaikan, tetapi berbagai macam masalah datang bertubi-tubi dan apa yang kita inginkan tidak tercapai, SALAH. Yang kita inginkan bukan tidak tercapai tapi belum tercapai! Ingat! Kuncinya adalah usaha dan berdo'a. 

Hasil? Serahkan pada Allah. Bisa jadi, do'a kita atas usaha-usaha yang kita lakukan akan dikabulkan pada masa yang akan datang atau tabungan buat kita di akhirat kelak, aamiin. Allah tidak akan membiarkan kita tenggelam dalam usaha kita. Allah punya jalan terbaik yang tidak kita ketahui. 

Sahabat surga sekalian..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline