Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Minat Literasi Melalui Edukasi Keliling (ELing)

Diperbarui: 2 September 2023   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Elsa, 2023 (Dokumentasi Pribadi)

Mahasiswa UPI Bandung telah melaksanakan program KKN yang diselenggarakan pada tanggal 26 Juli 2023 sampai dengan 26 Agustus 2023. Program ini tersebar ke beberapa lokasi di Jawa Barat, salah satunya ialah Desa Babakan yang terletak di Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Mahasiswa KKN UPI yang bertugas di Desa Babakan memiliki berbagai program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM berbasis SDG's di desa tersebut. Salah satu program kerja yang memiliki kontribusi di bidang pendidikan yang sesuai dengan tujuan universitas yaitu meningkatkan kualitas pendidikan adalah program kerja "ELing".

Edukasi Keliling atau disingkat ELing adalah salah satu dari empat program kerja yang telah terlaksana. Program kerja tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk membantu memajukan pendidikan di Desa Babakan melalui edukasi kepada anak-anak. Salah satu materi yang disampaikan dalam program ini yaitu mengenai literasi.

Sumber : Elsa, 2023 (Dokumentasi Pribadi)

Seperti yang kita ketahui, Indonesia termasuk ke dalam negara urutan kedua dari bawah dalam hal literasi. Sehingga mahasiswa KKN UPI memilih literasi sebagai salah satu materi yang disampaikan pada kegiatan ELing tersebut untuk menumbuhkan minat baca pada siswa. Kegiatan tersebut dilakukan di seluruh sekolah dasar yang ada di Desa Babakan, diantaranya ialah SDN 1 Babakan, SDN 2 Babakan, dan SDN 4 Babakan. Karena keterbatasan anggota kelompok KKN, kegiatan belajar mengajar hanya dilakukan pada kelas 3 dan 4. 

 ELing dengan materi literasi disampaikan di pertemuan kedua pada tanggal 12 Agustus 2023 di SDN 4 Babakan, 14 Agustus 2023 di SDN 1 Babakan dan  15 Agustus 2023 di SDN 2 Babakan dengan waktu pelaksanaan menyesuaikan aturan yang berlaku di masing-masing sekolah. Dalam kegiatan tersebut, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok lalu masing-masing kelompok diberikan sebuah cerpen dan dibaca secara bergantian.

Sumber : Elfrida, 2023 (Dokumentasi Pribadi)

Kegiatan belajar mengajar diselingi dengan beberapa permainan seperti menyusun kata, mencari kata dalam kotak, kuis, dan permainan lainnya. Pemberian materi literasi ini berlangsung sekitar satu jam sehingga siswa tidak merasa bosan namun tujuan yang ingin disampaikan oleh mahasiswa KKN UPI tetap tercapai. Pada akhir pematerian siswa diberikan sebuah pembatas buku sebagai bentuk reward serta pemberian hadiah kepada siswa teraktif sepanjang pematerian.

Disusun Oleh :

Elfrida Nur Amalia Rossa dan Devi Elsa Simbolon




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline