Lihat ke Halaman Asli

Remaja dalam Dunia Gadget

Diperbarui: 30 Oktober 2021   16:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Semakin pesat perkembangan suatu negara,khususnya negara kita Indonesia maka akan semakin bertambah juga kecanggihan teknologi yang membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya.

Perkembangan ini mencakup satu Teknologi yang dapat membantu menemukan berbagai sumber pengetahuan,informasi,serta kita dapat berkomunikasi dengan orang yang yang berbeda negara dengan kita melalui media sosial seperti facebook, Instagram, WhatsApp, twiter, telegram dan lain-lain. Dimana akan menggunakan alat  gadget seperti Handphone, laptop, Camera digital dan Tablet. 

Disekeliling kita banyak kalangan remaja yang memiliki keahlian dalam menggunakan gadget seperti (Handphone). Hampir semua orang memiliki berbagai jenis gadget. 

Dan tanpa kita sadari kebanyakan dari remaja lebih mengutamakan gadget dari pada Tugas sekolah atau pekerjaan yang lain. Dalam perkembangannya, gadget bukanlah hal yang biasa lagi karena sudah menjadi suatu kebutuhan yang diperlukan, bahkan tidak hanya dikalangan remaja saja, tetapi mulai dari anak-anak,dewasa, orangtua sampai bahkan yang lanjut usia masih menggunakan gadget seperti laptop dan handphone.

Gadget saat ini sangat berperan penting dalam kalangan remaja bukan lagi hanya sekedar alat komunikasi namun bermanfaat mendapat berjuta informasi, alat potret serta perekaman video untuk mengabadikan masa muda mereka,serta sebagai media refresing dalam video games,mendengarkan musik ataupun menunjukkan bentuk kreativitas mereka melalui media sosial.

Aktivitas bermain gadget sudah menjadi kesenangan atau menjadi bagian tubuh bagi remaja masa kini yang dimana sudah menjadi rutinitas masing masing walau pun tidak ada kepentingan di dalam nya,sehingga kegiatan rumah, sekolah ataupun kegiatan lainnya terabaikan.

Remaja saat ini lebih banyak menggunakan gadget melebihi waktu dari pada memperluas ilmu untuk masa depan. Mereka bisa bermain gadget dalam kurun waktu lebih dari 12 jam dalam sehari. 

Permasalahan remaja saat ini adalah tidak memanfaatkan gadget sesuai adab, seperti mengakses berita hoax, mengakses konten-konten porno, dan berlebihan dalam bermain game sehingga membuat mereka lalai dalam mengerjakan kewajiban mereka.

Tanpa kita sadari kebanyakan remaja menggunakan  gadget dalam hal yang kurang baik. Dimana dapat menyebabkan sesuatu hal yang tidak kita inginkan. 

Sehingga dalam penggunaan gadget sebaiknya diawasi oleh orangtua. Kita menyadari gadget ini sudah menguasai dunia kita, terutama dikalangan anak remaja. 

Pastinya secara pribadi saya sebagai remaja mengakui bahwasannya hampir secara keseluruhan kehidupan remaja dimasa ini hanya diisi dengan yang berhubungan sama gadget. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline