Lihat ke Halaman Asli

Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Bulan Ramadhan, Apa Aja?

Diperbarui: 21 Maret 2023   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image by : Pexels

Waktu terus berjalan tidak terasa Ramadhan akan segera tiba seluruh umat muslim akan memasuki bulan Ramadhan 1444 H, Di mana bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan penuh berkah. Bulan Ramadhan tentunya sudah di nanti para umat muslim di seluruh dunia. Persiapan bulan Ramadhan penting di lakukan agar Ramadhan kita menjadi sukses. 

Sebagaimana halnya saat kita akan menghadapi suatu ujian (test) atau pertandingan , maka tentu kita terlebih dahulu mempersiapkan diri agar berhasil dalam ujian (test) atau menang dalam pertandingan tersebut. Namun, yang menjadi pertanyaan bagaimana dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan, lalu apa saja yang perlu di persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan ini ?

1. Menuntaskan hutang puasa

Untuk orang memilki utang di tahun lalu wajib mengganti saat akan datangnya bulan Ramadhan hal itu sudah di firmankan oleh Allah SWT "Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya ( jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, atau memberi makan seorang miskin" ( QS. Al-Baqarah 184 ) hal itu di tujukan untuk orang yang sedang sakit, orang yang bersafar, orang yang sudah tua ( sepuh), dan ibu hamil atau menyusui. Lalu bagimna dengan yang haid? Bagi Wanita yang sedang haid dan dalam keaadan sehat wajib mengganti puasa.

2. Persiapan Fisik dan Mental

Persiapan ini adalah hal yang paling penting di lakukan saat menjelang bulan Ramadhan, persiapan fisik meliputi menjaga pola makan dan olahraga. Sedangkan persiapan mental yang harus di persiapkan adalah menyadari tujuan puasa, menjaga pola tidur yang cukup dan membuat daftar yang akan kita lakukan di bulan Ramadhan. 

Oleh karena itu Rasulullah saw bersabda " pergunakanlah kesempatan yang lima sebelum dating yang lima ; massa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum masa datang masa matimu." ( HR. Al-Hakim).

3. Perncanaan Waktu

Perencanaa waktu adalah hal yang penting di lakukan saat melaksanakan bulan Ramadhan. Kita perlu merencanakan jadwal sahur dan berbuka puasa, memperkirakan waktu sholat dan ibadan lainnya. Serta kegiatan apa yang akan kita lakuakan di bulan Ramadhan. Dengan merencanakan waktu kita dapat memaksimalkan manffat dari bulan suci ini dan memastikan bahwa kita dapat ibadah dan kegiatan lainya dengan efektif.

4. Amal kebaikan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline