Facebook Sebagai Media Komunikasi Pemasaran
Artikel ini di buat untuk memenuhi Ujian Akhir Semester Prodi Manajemen untuk Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam pemasaran facebook . Dengan berkomunikasi kegiatan pemasaran akan berlangsung dengan sedemikian rupa dan dapat mencapai segala sesuatu yang diinginkan salah satunya adalah terjadinya proses pembelian.
Peran lain dari komunikasi dalam pemasaran adalah untuk membedakan produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Media komunikasi dalam pemasaran menjadi salah satu unsur yang harus diperhatikan sebagai sarana promosi sebuah produk.
Pemilihan media promosi yang efektif tidak hanya meningkatkan penjualan sebuah produk, tetapi mampu mem-branding sebuah produk. Perkembangan teknologi Komunikasi semakin mempermudah arus untuk pertukaran informasi, dengan hadirnya Facebook yang anggotanya sangat fenomental hingga menjadi kedua pengguna Facebook.
Facebook merupakan salah jejaring sosial yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat, dan anak mudah, Data Dari nasabah Media Tahun 2018 menunjukkan bahwa pengguna facebook di Indonesia mencapai 80 Juta.
Facebook merupakan sosial media yang banyak menawarkan berbagai fitur yang canggih. dan selain itu facebook juga dapat memperluas pertemanan seseorang, membuat status, bertukar pesan dengan orang lain, dan dapat juga membuat halaman pribadi, membagikan konten, tempat curhat penyaluran hobi, mendapatkan informasi baru, video call dan lain - lain .
Facebook juga menjadi salah satu media komunikasi E-commerce dan merupakan media sosial untuk berkomunikasi atau promosi barang yang dijual. Facebook menjadi tempat strategi untuk memasarkan barang dagangan , seperti : Makanan, Minuman, Fashion, Aksesoris , tas, produk kecantikan dan lainnya.
Empat Faktor Komunikasi Pemasaran dalam Facebook berdasarkan Teori Pemasaran
- Produk, Produk yang berkaitan dengan dijual, atau produk yang akan di tawarkan ke konsumennya .
- Harga, Harga yaitu berkaitan dengan diskon, potongan harga dan khusus periode pembayaran
- Promosi, Promosi yang berkaitan dengan kegiatan dilakukan melalui mengkomunikasikan keunggukan produk dan mebujuk pelanggan untuk membeli, dan pemasarkan yang berusahan menyebarkan informasi
- Distribusi, Berkaitan dengan kegiatan menyediakan produk yang akan di beli Konsumen
Terimah Kasih
Elfianti Tadius Lobo - 19113032