Lihat ke Halaman Asli

Lilik Fatimah Azzahra

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Cerpen: Selir

Diperbarui: 18 November 2023   06:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://id.quora.com

Jika kisah Dewi Wahita dan Dewi Puyengan menjadi begitu fenomenal, itu bisa dimaklumi. Sebab selain cantik keduanya memang memiliki peran penting dalam perjalanan hidup Prabu Minak Jinggo, sang penguasa Blambangan yang juga adalah suamiku. 

Suamiku? 

Iya, suamiku. Seperti dua perempuan itu, aku juga dipersunting oleh Kang Mas Minak-demikian aku memanggilnya. Dijadikannya aku selir kesayangan. Selir yang didatangi pada malam-malam tertentu. 

***

Oh, ya. Namaku Dyah Ayu Kusuma Wening. Sebelum bertemu Kang Mas Minak, aku tinggal di sebuah desa terpencil di pinggir hutan bersama Ayahku yang bekerja sebagai gamel atau tukang merawat kuda. 

Sampai suatu hari sang Prabu Minak melihatku. 

Aku sedang membantu Ayah menyiangi rumput ketika lelaki perkasa itu datang. Lalu tanpa tedeng aling-aling, penguasa Negeri Blambangan itu menyampaikan keinginannya untuk memboyongku. 

Tentu saja Ayah tidak berani menolak keinginan lelaki yang terkenal sakti mandraguna itu. Maka serta merta diserahkannya aku. Direlakannya begitu saja anak semata wayangnya ini untuk dijadikan selir. Selir yang ternyata tidak diboyong ke istana. Melainkan disembunyikan di suatu tempat yang hanya kami---aku, Ayah, dan Kang Mas Minak yang tahu. 

***

Menjadi selir seorang raja membuat hidupku berubah drastis. Aku bukan lagi gadis lugu berpenampilan sederhana. Kang Mas Minak telah menyulapku menjadi perempuan ningrat dan berkelas.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline