Lihat ke Halaman Asli

Lilik Fatimah Azzahra

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

[Siraman Rohani] Bersabar Kala Menghadapi Musibah, Bersyukur Saat Mendapat Kesenangan

Diperbarui: 17 Mei 2020   06:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber:www.syarif.id

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Dear Kompasianer yang berbahagia.  

Mari kita tak putus memanjatkan doa dan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa ta'ala, atas berkah dan karuniaNya hingga sampai detik ini kita masih diberi kesempatan untuk saling berinteraksi melalui tulisan di rumah besar milik bersama ini.

Dear Kompasianer yang senantiasa dimuliakan oleh Allah.

Saat ini kita tengah diuji dengan keadaan yang amat sangat sulit. Di mana umat di seluruh dunia merasakan hal yang sama, yakni kecemasan, kekhawatiran, rasa was-was, akibat merebaknya virus Corona yang masih belum jelas kapan akan berakhir.

Terlepas dari badai musibah besar-besaran ini mari kita bersama-sama merenung sejenak. Menundukkan kepala. Membuka kembali surah Al-Baqarah ayat 155, di mana Allah Subhanallahu ta'ala berfirman;

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar."

Ath-Thabari dalam Jami Al-Bayan menjelaskan, ayat ini merupakan pemberitahuan dari Allah Swt kepada umat Nabi Muhammad, bahwa Dia akan menguji mereka dengan perkara-perkara yang berat untuk menunjukkan siapa yang taat (bersabar) dan siapa pula yang ingkar. 

Perihal bersyukur dan bersabar, dari Shuhaib, Rasulullah Saw bersabda;

"Sungguh menakjubkan keadaan seorang Mukmin. Seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang yang beriman. Jika mendapatkan kesenangan, ia bersyukur. Itu baik baginya. Dan jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Dan Itu pun baik baginya." (HR. Bukhari Muslim)

Dear Kompasianer yang selalu diberkahi oleh Allah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline