Perdagangan elektronik yaitu kegiatan bisnis yang memanfaatkan jaringan internet yang bisa melakukan suatu kegiatan transaksi jual beli yang menguntungkan serta memberikan pelayanan dan akses informasi yang sangat menguntungkan. perdagangan elektrinik ini merupakan suatu aplikasi sekaligus penerapan yang berkaitan dengan transaksi online, pemasaran online, transfer dana, dan lain-lain.
keuntungan dengan adanya perdagangan elektronik, jangkaun untuk memasarkan dan mempromosikan suatu barang yang ingin dijual menjadi lebih mudah dan luas tanpa adanya batasan dari pihak manapun, pemhematan tenaga kerja, banyak mendapatkan pelanggan baru yang tidak hanya disatu wilayah saja, konsumen akan mendapatkan informasi yang beragam dan sangat mendetail, pelayanan konsumen tanpa batas waktu, membantu pebisnis kecil untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar, dan sistem penjualan yang cepat.
Didalam perdagangan elektronik ini harus pandai-pandai menyusun strategi yang kuat agar bisa bertahan lama, diantaranya dengan mempermudah kegiatan perdagangan, menyediakan harga yang kompetitif dipasaran, menyediakan informasi barang yang lengkap dan jelas, tidak melakukan penipuan, dan memberikan perhatian khusus kepada konsumen dengan kritikan.
sedangkan kelemahan dari perdagangan elektronik sendiri yaitu ketidaktepatan waktu pengiriman barang, ketidakpuasan konsumen terhadap barang yang telah dipesan, pembajakan kartu kredit dan hacking serta perusakan website.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H