Lihat ke Halaman Asli

IDRIS ELRUMI

PENDIDIK

Mendalami Makna "Sejarah"

Diperbarui: 23 Februari 2018   12:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: http://mulyodadi.bantulkab.go.id/

Tahukan kalian tentang makna sejarah?, semua kejadian-kejadian dan peristiwa yang ada di bumi tidak terlepas dari peran sejarah. Sebenarnya sejarah berasal dari Bahasa Arab "syajaratun" yang artinya pohon. Tentunya, keterkaitan sejarah dengan pohon sama-sama memiliki kesamaan yaitu memiliki filosopi gambaran suatu bentuk atau peristiwa masa lalu dan di kupas secara gamblang.

Coba kita perhatikan gambaran sebuah pohon, sebelum terbentuk menjadi pohon yang utuh pembentukan pohon melalui akar. Akar tersebut adalah salah satu bentuk pohon tersebut tumbuh dan hidup. Maka sejarahpun demikian, Sejarah tumbuh berkembang dan hidup sampai zaman sekarang.

Sedangkan pengertian  sejarah sendiri adalah kejadian yang berlangsung terhadap waktu lampau yang disusun didasarkan peninggalan-peninggalan beragam peristiwa.

Kita sebagai manusia jangan melupakan sejarah, sebab sejarah adalah salah satu jantung kehidupan. Tentunya kehidupan didunia ini tidak terlepas dari sejarah.

Bangsa ini bisa merdeka karena adanya sejarah bangsa yang merebut kemerdekaan. Kita mengetahui kemerdekaan bangsa Indonesia berkat adanya sejarah. Sejarah bisa berdiri, karena adanya peristiwa masa lampau. Masa lampau tersebut di catat dalam sejarah. Kemudian diabadikan melalui museum-museum dan tempat-tempat bersejarah yang dilindungi.

Ruang lingkup sejarah merupakan pemahaman yang menjadi sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Ruang lingkup sejarah meliputi konsep sejarah, unsur sejarah, dan hubungan sejarah dengan ilmu. Sejarah sendiri memiliki konsep, konsep tersebut dapat dipahami.

Konsep adalah suatu wujud kemampuan akal dalam membentuk gambaran baru yang sifatnya abstrak (tidak nyata) menurut data atau suatu kajian.


Sejarah sebagai peristiwa, adalah kejadian, kenyataan (realita), aktualitas sejarah yang telah terjadi atau berlangsung di masa lalu. Sejarah mengandung kejadian yang terladi atau berlangsung di masa lalu.


Sejarah sebagai kisah, adalah suatu rangkaian cerita yang berupa narasi yang disusun menurut ingatan, tafsiran, manusia atau kesan.


Sejarah sebagai ilmu, mempelajari kenyataan dengan mengadakan penelitian dan pengkajian mengenai peristiwa cerita sejarah. Sejarah sebagai ilmu pengetahuan terdapat beberapa syarat ilmiah misalnya empiris, objektif, teori, dan kesimpulan umum (menggeneralisasikan).


Sejarah sebagai seni, dikatakan sebagai seni karena sejarah memerlukan inutisi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa dalam penulisan sejarah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline